Sukses

Asisten Guus Hiddink Latih Timnas Vietnam

Park Hang Seo akan melatih Timnas Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) resmi menunjuk mantan asisten Guus Hiddink, Park Hang-Seo sebagai pelatih baru untuk menangani tim nasional Vietnam. Park menggusur calon favorit, Nguyen Huu Thang yang mengundurkan diri setelah gagal di SEA Games 2017.

Pelatih 60 tahun tersebut merupakan asisten Guus Hiddink di timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002. Saat itu Korsel yang jadi tuan rumah sukses melaju ke semifinal.

Dilansir dari laman resmi AFF, Minggu (8/10/2017), Park juga akan menangani timnas U-23. Setelah menandatangani kontrak di Seoul, dia dijadwalkan untuk meneken kontrak resmi sekali lagi bulan Oktober ini di Hanoi.

Usai mendampingi Guus Hiddink, Park sempat ditunjuk sebagai pelatih timnas Korsel U-23 di ajang Asian Games 2002 Busan. Tim berjuluk Ksatria Taeguk tersebut hanya mampu merebut medali perunggu, kalah dari Iran (emas) dan Jepang (perak).

Setelah Asian Games, mantan gelandang timnas Korsel tersebut melatih klub di berbagai divisi di Korsel mulai dari Gyeongnam FC, Sangju Sangmu Phoenix, sampai yang terakhir Changwon FC. Kedatangan Park juga mengakhiri spekulasi eks pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang.

Kiatisuk pernah diajak oleh pejabat Vietnam untuk mengambil alih timnas senior Vietnam. Sebab sejak juara Piala AFF 2016 dia belum juga memutuskan untuk kembali melatih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.