Sukses

Ratusan Pebulu Tangkis Memperebutkan Rp 360 Juta di Jatim Open

Sebanyak 708 pebulu tangkis dari 86 klub akan mengikuti Djarum Sirnas Jatim Open.

Liputan6.com, Surabaya - Seri terakhir Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Premier Li Ning Jawa Timur Open banyak menarik minat pebulu tangkis. Terbukti, 708 pemain mendaftar untuk turun di seri pemungkas Sirnas Jatim Open 2017.

Ratusan pebulu tangkis ini mewakili 86 klub dari 11 Provinsi di Indonesia dan sebanyak 32 Kota/Kabupaten turut mengirimkan para pemainnya.

"Di tahun kemarin (2016), Sirnas yang digelar di Jatim terpecahkan rekornya. Kali ini sebanyak 708 pebulu tangkis se-Indonesia turun di Sirnas Tahun 2017," ujar Ketua Pelaksana, Bayu Wira, Minggu (5/10/2017).

Selain itu, dari 5 nomor yang dipertandingkan, Panitia memberikan total hadiah kemenangan cukup besar. Ratusan Juta Rupiah akan diberikan kepada atlet Bulu Tangkis yang meraih prestasi di Sirnas 2017.

"Total hadiah yang kami berikan lebih besar dari tahun kemarin. Untuk tahun kemarin kami mengucurkan dana sebesar Rp 260 Juta. Sementara untuk tahun ini kami sudah menyediakan hadiah dengan total Rp 360 Juta untuk para pemenang," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Peserta Luar Negeri

Meski jumlah peserta bertambah, tapi tidak ada satu pun peserta dari luar negeri. Semua peserta Sirnas Jatim Open 2017 hanya diisi pemain lokal Indonesia.

"Seperti Sirnas sebelumnya, kami sudah menjalankan regulasi, bahwa Djarum Sirnas hanya akan diikuti oleh Pebulutangkis Indonesia saja. Tidak memperkenankan pebulutangkis dari luar ikut serta," kata Referee, Made Damiyasa.

Regulasi ini sudah berlaku di Sirnas sejak 2015, karena memang ini untuk mewujudkan pencarian bibit unggul pebulu tangkis Indonesia.

"Regulasi ini sudah berjalan 2 tahun ini. Khusus untuk Sirnas memang tidak memasukkan nama pebulu tangkis dari luar negeri. Jika pebulu tangkis luar ingin mengikuti pertandingan di Indonesia, masih banyak kompetisi selain Sirnas," kata Made.

3 dari 3 halaman

Anggota PBSI

Sementara itu, pebulutangkis Indonesia yang mengikuti Sirnas juga wajib terdaftar di PBSI. Itu karena dengan terdaftarnya mereka, otomatis mereka sudah ter-screening.

"Wajib, Sirnas-kan pertandingan resmi PBSI, jadi mereka harus mengikuti peraturan PBSI jika ingin mengikuti Sirnas. Memang awalnya untuk pembibitan pebulutangkis Nasional," UJAR Referee Keabsahan Sirnas, Zaenal Abidin.

Perlu diketahui, dari 708 Pebulutangkis yang terdaftar, ada 11 nama dari Pelatnas PBSI, antara lain Chico Aura Dwiwardoyo, Vega Vio Nirwanda, Ramadhani M. Zulkifli, Eprilia Mega Ayu Swastika, Savira Sandradewi, Rehan Naufal, Yeremia Erick Yotje YR, Phita Haningtyas, Serena Kani, Angelica Wiratama, Febriana Dwipuji Kusuma, dan Rinov Rivaldi. (Dimas Angga P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.