Sukses

Menikmati Sepak Bola, Kunci Kemenangan Sriwijaya FC atas Persib

Sriwijaya FC sukses mengalahkan Persib 3-1 kendati sempat tertinggal.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak mudah bagi Sriwijaya FC mengalahkan Persib Bandung pada partai kedua Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Minggu (1/4/2018). Bahkan di babak pertama, tim berjuluk Laskar Wong Kito itu harus mengakui keunggulan tim tamu 0-1.

Selepas jeda turun minum, Makan Konate dan kawan-kawan tampil kesetanan. Tiga kali gawang Persib dirobek oleh para pahlawan di atas lapangan milik Sriwijaya FC.

Persib pun harus mengakui dominasi Sriwijaya FC dengan skor 1-3, meskipun pada awalnya, armada Mario Gomez itu sempat menguasai permainan di babak pertama.

Sukar dipercaya saat kunci kemenangan Sriwijaya FC atas Persib ternyata merupakan motivasi yang sederhana. Saat tengah tertinggal, Laskar Wong Kito diminta untuk kembali mengingat tujuan pertama ketika bermain sepak bola, yaitu menikmati pertandingan.

"Jeda pertandingan, saya katakan kepada pemain kalau mereka harus bisa menikmati pertandingan. Dari situ, skema permainan di lapangan baru jalan," ujar pelatih yang karib dipanggil RD itu pada konferensi pers setelah pertandingan dinukil dari laman resmi Liga 1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanpa Pergantian Pemain

RD tidak hanya meminta para pemainnya untuk menikmati bermain sepak bola, tapi juga memberikan kepercayaan sepenuhnya. Saat melawan Persib, arsitek berusia 51 tahun itu tidak sekali pun melakukan pergantian pemain.

Mantan juru taktik Persija Jakarta ini tidak ingin skema permainan yang diterapkannya berubah dengan adanya pergantian pemain. Satu pertimbangan lain, stamina dan fisik para pemainnya dianggap masih ideal untuk bermain selama 90 menit.

"Kami takut kalau pergantian pemain mengubah ritme permainan yang sudah padu. Apalagi konsentrasi dan fisik pemain masih bugar semua," imbuh RD.

3 dari 3 halaman

Klasemen

Kemenangan 3-1 atas Persib membuat posisi Sriwijaya FC melonjak di klasemen sementara. Kini, Laskar Wong Kito bercokol di peringkat ketiga dengan empat poin.

Kekalahan sama juga berarti menurunkan posisi Persib di klasemen. Pangeran Biru terjerembab di posisi ke-15 dengan nilai satu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.