Sukses

5 Rekor yang Sudah dan Akan Dipecahkan Mohamed Salah

Mohammed Salah tampil fenomenal di musim perdananya bersama Liverpool.

Liputan6.com, Liverpool - Mohamed Salah telah menjadi buah bibir di sepak bola Eropa musim ini. Dia tidak dapat berhenti mencetak gol saat ini dan bisa dibilang sebagai penyerang terbaik di Eropa.

Mohamed Salah sudah mencetak 40 gol dalam 45 penampilan untuk Liverpool musim ini. Dia bisa mencetak gol dari mana saja di kotak penalti. Pemain berusia 25 tahun ini mencetak gol setiap 87 menit musim ini dan akurasi tembakannya mencapai 63,11 persen.

Banyak rekor yang diprediksi dipecahkan oleh Salah. Mulai dari top scorer Liga Inggris pertama dari Mesir, sampai pemain terproduktif Eropa.

Berikut ada lima rekor yang bakal dan sudah dipecahkan Mohamed Salah bersama Liverpool seperti dikutip dari Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

5. Top Scorer dari Mesir dalam sejarah Liga Inggris

Salah sudah menjadi pencetak gol terbanyak dari Mesir di Liga Inggris dengan 29 gol. Catatan itu sukses mengungguli rekan senegaranya, Mido, yang mengemas 22 gol.

Mido mencetak 22 gol di Liga Inggris saat bermain untuk Tottenham, Middlesbrough, Wigan Athletic, dan West Ham. Dengan begitu, Salah tampaknya sudah sukses mendapatkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak asal Mesir di Liga Inggris.

Selanjutnya, dalam pertandingan bulan lalu melawan Watford di Anfield, ia menjadi orang Mesir pertama yang mencetak hattrick di Liga Inggris. Bahkan, ketika itu dia sukses mengemas empat gol dalam kemenangan 5-0 tersebut.

3 dari 6 halaman

4. Mendominasi Penghargaan Pemain Terbaik Bulanan

Player of the Month diberikan kepada pemain terbaik di liga pada bulan tertentu. Penghargaan ini pertama kali diberikan kepada Jurgen Klinsmann pada Agustus 1994.

Namun, belum pernah ada seorang pemain memenangkannya lebih dari dua kali dalam semusim dalam 24 tahun terakhir sampai Salah tiba. Pemain asal Mesir ini menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang memenangkan penghargaan terkenal itu tiga kali dalam semusim.

Dia memenangkannya pada November 2017, Februari, dan Maret tahun ini. Sekarang, Salah sudah dalam perjalanan untuk mengalahkan rekor beberapa pemain seperti Harry Kane dan legenda Liverpool, Steven Gerrard, dengan meraih enam gelar Player of the Month.

4 dari 6 halaman

3. Gol Terbanyak dalam Semusim

Salah hanya membutuhkan dua gol lagi untuk menyamai jumlah gol terbanyak semusim di Liga Inggris. Dia akan mengalahkan Luis Suarez untuk Liverpool (musim 2013/14), Cristiano Ronaldo untuk Manchester United (musim 2007/08), dan Alan Shearer untuk Blackburn (musim 1995/96).

Ketiga pemain itu sukses mengemas 31 gol dalam semusim. Pemain asal Mesir tersebut memiliki lima pertandingan tersisa untuk tidak hanya menyamakan, tetapi juga memecahkan rekor musim ini.

Rekor besar lain dipegang oleh legenda Arsenal, Thierry Henry. Legenda Prancis tersebut saat ini memegang rekor Liga Inggris dalam keterlibatan gol terbanyak dalam semusim dengan 44 kali (24 gol, 20 assist), prestasi yang diraih musim 2002/03.

Sekarang, Salah sudah 38 kali terlibat gol (29 gol, 9 assist) dan memiliki peluang besar untuk mengalahkan rekor Henry sebelum musim berakhir. Catatan-catatan tersebut menunjukkan kesuksesan Salah yang fenomenal musim ini dan jelas akan banyak rekor lagi yang bisa dipecahkannya.

5 dari 6 halaman

2. Cetak Gol Lebih Baik daripada Tim

Kini, Salah berada dalam posisi yang bagus untuk menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris untuk mengungguli gol lebih dari dua tim dalam semusim. Dengan mengemas 29 gol saat ini, produktivitas Salah lebih tinggi dari gol West Bromwich, Huddersfield, dan Swansea City, serta sama dengan Brighton.

Pada musim 2016/17, striker Tottenham, Harry Kane mencetak 29 gol. Saat itu, dia sukses mengalahkan angka Middlesbrough dengan 27 gol dan menyamai Sunderland yang mencetak 29 gol.

Dengan demikian, Salah akan memiliki peluang besar untuk menciptakan rekor yang menakjubkan jika terus mencetak skor saat ini. Menarik dinantikan, bukan?

6 dari 6 halaman

1 Pencetak Gol Terbanyak Liverpool dalam Semusim

Anfield telah menghadirkan banyak pencetak gol elite selama sejarah. Sekarang, Salah memiliki kesempatan emas untuk menempatkan dirinya di antara puncak bersama tim Merseyside itu.

Jumlah gol terbanyak dalam satu musim dipegang oleh Ian Rush, yang mencetak 32 gol musim 1983/84. Salah saat ini hanya membutuhkan 4 gol dalam 5 pertandingan sisa untuk menyamakan catatan itu.

Selain itu, sosok asal Wales tersebut mencetak 47 gol di semua kompetisi di musim 1983/84, catatan yang belum pernah dilampaui oleh pemain Liverpool sampai saat ini. Sekarang, Salah sudah mencetak 39 gol untuk musim ini dan membutuhkan sembilan gol lagi untuk memecahkan rekor yang tampaknya mustahil.

(Eka Setiawan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.