Sukses

Pelatih Kroasia Beberkan Resep ke Final Piala Dunia 2018

Kroasia bermain sebagai tim selama tampil di Piala Dunia 2018.

Liputan6.com, Moskow - Kroasia tengah merajut cerita indah di Piala Dunia 2018 di Rusia. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, membeberkan rahasia tim asuhannya melaju ke final Piala Dunia 2018.

Kroasia membangun sepak bola mereka dasar kerjasama dan kesatuan. Dengan bekal itu, Luka Modric dan kawan-kawan mampu menyingkirkan lawan-lawan tangguh mereka di babak gugur Piala Dunia 2018.

Sejak di penyisihan grup, Kroasia telah tampil gemilang. Bahkan, tim berjulukan Vatreni ini sempat menundukkan Argentina dengan skor 3-0 di penyisihan grup Piala Dunia 2018.

Kroasia juga meraih poin maksimal dari tiga pertandingan di penyisihan grup. Dalic mengungkapkan bahwa ujian-ujian berat berhasil dilalui karena ketahanan mental pasukannya.

Dalic menekankan, Kroasia harus bermain sebagai tim, bukan mengandalkan individu. Hal itu terwujud di Piala Dunia kali ini.

"Bagi saya, Messi adalah pemain terbaik di dunia dan Neymar sangat dekat," kata Dalic, seperti dilansir Reuters.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama-Nama Besar

"Namun di Piala Dunia ini, tim-tim bertabur bintang mengandalkan nama-nama besar yang telah berada di pantai. Tim-tim yang kompak, bersatu, berjuang untuk sesuatu yang masih ada di sekitar," papar pelatih berusia 51 tahun ini.

Menurut Dalic, kekuatan sepak bola dunia tidak lagi timpang. Dia menilai, setiap tim yang memiliki pertahanan solid dapat maju sejauh mungkin.

"Ini merupakan Piala Dunia yang paling aneh. Sepak bola telah maju begitu jauh maka tim manapun dapat memiliki pertahanan yang terorganisir dengan baik, maka tidak ada selisih kemenangan yang sangat besar dan tim adalah segalanya," terangnya.

3 dari 3 halaman

Individu Hebat

"Ini merupakan masalah kami selama sepuluh tahun, kami memiliki individu-individu hebat dan itulah mengapa saya membangun kesatuan yang menjadi tujuan tim," tutur Dalic.

Di laga final Piala Dunia 2018, Kroasia akan menantang Prancis. Partai puncak tersebut akan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow pada Minggu, 15 Juli 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.