Sukses

Prediksi Pertandingan PSCS Cilacap vs Persib Bandung di Piala Indonesia, Rabu 5 Desember 2018

PSCS tak ngotot untuk kalahkan Persib dalam laga tersebut.

Liputan6.com, Jakarta PSCS Cilacap siap menjamu Persib Bandung dalam duel babak 64 besar Piala Indonesia 2018 di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap.

Dua tim beda kasta itu akan dipertemukan pada Rabu (5/12/2018). Persib Bandung yang berada di papan atas Liga 1 2018 akan bertandang ke markas PSCS Cilacap yang masih berkutat di Liga 3 2018.

Pertandingan PSCS Cilacap vs Persib Bandung ini diprediksi bakal disesaki penonton. Tak hanya pendukung tuan rumah, suporter Persib Bandung juga diperkirakan bakal mendatangi Cilacap.

Meski begitu, panpel PSCS hanya menyediakan tiket sebanyak 15 ribu lembar karena keterbatasan kapasitas Stadion Wijaya Kusuma.

"Kami akan mencetak tiket sesuai jumlah kapasitas stadion, yakni 15 ribu lembar. Untuk kuota suporter Persib tetap kami berikan, lima persen sesuai regulasi," ujar manajer PSCS, Bambang Tujiatno sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Bola.com, Rabu (05/12/2018)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

PSCS tak ngotot untuk kalahkah Persib

PSCS Cilacap siap mendapat pengalaman berharga dari Persib Bandung. PSCS tak ngotot untuk kalahkan Persib dalam laga tersebut. Meski tak menjadi target yang diprioritaskan, skuat PSCS tetap ingin belajar banyak dari pemain Maung Bandung. PSCS paham calon lawan yang akan dihadapi bukan tim sembarangan. Mereka sadar kekuatan pemain yang dimiliki tak sebanding dengan skuad Persib.

Oleh sebab itu, tim berjuluk Pasukan Hiu Selatan ini lebih memilih fokus pada duel babak 16 besar Liga 3 akhir pekan nanti, ketimbang ngotot mengalahkan Persib.

Apalagi, skuad PSCS pun banyak diperkuat pemain muda. Hanya ada 3 pemain yang berusia di atas 26 tahun di skuad Laskar Hiu Selatan. Jaya Hartono diperkirakan merotasi pemainnya dengan tetap dimotori Jimmy Suparno di lini tengah, serta duet striker Imam Witoyo dan Saiful Bahri.

"Persib sudah ditempa dengan sistem kompetisi yang keras dan berat. Jadi secara mental mereka terbentuk. Yang jelas untuk PSCS, ada beberapa pemain yang saya rotasi karena konsentrasi di Liga 3. Namun, secara keseluruhan kondisi pemain bagus dan siap untuk pertandingan besok," ungkap Jaya Hartono, dikutip Liputan6.com dari Bola.com.

Laga nanti pun akan menjadi ajang reuni bagi Jaya Hartono. Terutama dengan Hariono yang kebetulan masuk dalam skuad Persib yang berangkat ke Cilacap.

Pasalnya, Jaya Hartono lah yang membawa Hariono untuk bergabung dengan Persib pada 2010 lalu. Saat itu, Jaya merupakan pelatih Maung Bandung.

3 dari 5 halaman

Persib turunkan pemain muda

Sementara dari pihak Persib untuk menghadapi tim dari kasta terbawah kompetisi sepak bola nasional akan menurunkan para pemain mudanya dan mengistirahatkan jajaran pemain asing. Mayoritas pemain yang dibawa untuk bertanding nanti memang pemain pelapis. Termasuk dua skuad dari Persib U-19 yang baru saja menjuarai Liga 1 U-19.

Pelatih Persib, Mario Gomez, menyebut akan melakukan rotasi di laga ini. Maklum, empat hari setelah duel lawan PSCS, Persib harus kembali turun gelanggang di ajang Liga 1 2018.

Namun begitu, bukan berarti Persib tak akan sama sekali diperkuat pemain senior. Ke Cilacap, Gomez tetap membawa pemain seniornya. Sebut saja I Made Wirawan, Hariono, Eka Ramdani dan Airlangga.

Maung Bandung pun membawa misi untuk meraih kemenangan dalam pertandingan ini. Tak ada istilah main-main meski hanya menghadapi tim Liga 3. Pasalnya, Persib hanya memiliki kesempatan meraih trofi di ajang Piala Indonesia 2018 ini setelah terbilang gagal di Liga 1 2018.

4 dari 5 halaman

Prediksi pertandingan PSCS Cilacap vs Persib Bandung

Mengacu pada rekam jejak di lima pertandingan terakhir, kekuatan PSCS Cilacap tak bisa diremehkan. Dalam lima laga terakhir yang dijalaninya, PSCS Cilacap berhasil menang 4 kali, dan imbang 1 kali.

Namun, di atas kertas, Persib jelas lebih diunggulkan. Salah satu tim terbesar di Tanah Air ini bertabur bintang dan memiliki catatan prestasi yang mumpuni. PSCS Cilacap pun menyadari akan hal itu. Alih-alih, memaksa meraih kemenangan, PSCS Cilacap ingin memanfaatkan duel melawan tim dari Liga 1 itu untuk mengasah mental bertanding.

5 dari 5 halaman

Kilas balik pertandingan terakhir PSCS Cilacap dan Persib Bandung

5 Pertandingan Terakhir PSCS

01/12/18: PSCS 3-2 PSBL

28/11/18: PSCS 1-0 Solok FC

25/11/18: PSCS 1-0 PSID Jombang

18/11/18: PSCS 1-1 PSGC

08/09/18: PSCS 2-1 Persibangga

 

5 Pertandingan Terakhir Persib

01/12/18: Persela 1-1 Persib

23/11/18: Persib 2-2 Perseru Serui

18/11/18: PSIS Semarang 3-0 Persib

09/11/18: Persib 0-1 PSMS

03/11/18: Bhayangkara 1-2 Persib

 

Perkiraan susunan pemain

Prediksi susunan pemain PSCS Cilacap vs Persib Bandung bakal berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Pasalnya dari 16 pemain yang dibawa Gomez ke Cilacap tak ada nama pemain asing seperti Bojan Malisic, Jonathan Bauman, Oh In Kyun, dan Ezechiel N Douassel.

PSCS Cilacap (4-4-2): Ihsan, Ilham Zusril, Yosi, Jemmy, Lukas, Zulhairi, Ricki, Imam, M Irvan, M Sohiron, Saiful BahriPelatih: Jaya Hartono

Persib Bandung (4-4-2): Made Wirawan, Henhen, Indra, Sabil, Puja, Eka, Hariono, Febri, Agung, Patrich, AirlanggaPelatih: Mario Gomez

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.