Sukses

Merapat ke MU, Tangan Kanan Ferguson Ogah Tinggalkan Pekerjaan Lama

Manchester United (MU) menunjuk Mike Phelan sebagai asisten Ole Gunnar Solskjaer.

Liputan6.com, Jakarta Mike Phelan bakal menemani Ole Gunnar Solskjaer menangani Manchester United (MU) hingga akhir musim ini. Namun, mantan tangan kanan Sir Alex Ferguson itu mengaku tidak akan meninggalkan pekerjaan lamanya sebagai Direktur Olahraga Central Coast Mariners.

Phelan mengaku sulit menolak tawaran kembali ke MU. Nama besar Setan Merah dan masa lalu indah yang pernah dilaluinya di Old Trafford bersama Ferguson masih menggodanya. Hanya saja, Phelan berjanji akan segera kembali setelah menuntaskan tugas tersebut. 

"Menjadi pelatih sementara di Manchester United (MU) benar-benari menarik," kata Phelan kepada situs resmi klub seperti dilansir Dailymail.co.uk, Kamis (20/12/2018).

"Saya sudah meletakkan sesuatu di tempat yang ingin saya lihat. Ini hanya gangguan kecil, tapi dengan klub terbesar di dunia saya benar-benar sulit menolaknya," beber Phelan. 

MU akhirnya memecat pelatih utama, Jose Mourinho, Selasa (18/12/2018). Pria asal Portugal itu didepak menyusul hasil buruk yang diraih Setan Merah sepanjang musim ini. Pemecatan Ronaldo disampaikan beberapa hari setelah MU kalah 1-3 di markas Liverpool, Anfield. 

Sebagai gantinya, MU kemudian meminjam Solskjaer dari Molde. Pria asal Norwegia itu dipercaya menangani skuat Setan Merah hingga akhir musim. Meski karier kepelatihannya di Premier League belum teruji, Solksjaer dianggap memahami tradisi skuat Setan Merah. 

Untuk memperlancar era transisi ini, manajemen memanggil Phelan. Phelan juga mantan pemain MU, tapi tidak setenar Solskjaer. Namanya baru melambung saat menemani sir Alex Ferguson sebagai asisten pelatih MU selama lebih dari satu dekade lamanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tugas Rangkap

Saat Fergie pensiun 2013 lalu, Phelan juga angkat kaki dari Old Trafford. Dia mencoba peruntungan sebagai pelatih kepala Norwich, 2014-15 sebelum kemudian menangani Hull City sejak 2016 hingga Januari 2017. Selanjutnya dia bertualang ke Liga Australia. 

"Bagian dari keputusan dengan MU adalah saya masih tetap tersedia untuk Mariners, semacan peran ganda. Saya tidak akan ke mana-mana. Saya siap menerima panggilan telepon dari siapa pun yang ada di Mariners," ucap pria berusia 56 tahun tersebut. 

 Mengenai tugasnya di MU, Phelan tidak berbicara secara spesifik. Namun menurut dia, ada beberapa masalah yang penyelesaiannya butuh waktu. Dia akan bekerja bersama Michael Carrick yang juga ditunjuk bersamaan dengan pengangkatan Solskjaer, Rabu kemarin. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di Premier League.

    Manchester United

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • MU