Sukses

Dua Pembalap AHRT Persembahkan Podium Ganda untuk Indonesia

AHRT raih podium ganda pada balapan kedua di Sirkuit Suzuka, lewat Awhin dan Irfan. Di kelas SS600, Andi dan Rheza masing-masing finis di posisi kelima dan ke-12.

Liputan6.com, Jakarta Prestasi cemerlang diraih dua pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Awhin Sanjaya dan Irfan Ardiansyah. Keduanya naik podium setelah finis di urutan pertama dan kedua pada balapan ke-2 putaran keempat kelas Asia Production 250cc Asia Road Racing Championship (ARRC), Minggu (30/6/2019).

"Saya senang sekali. Akhirnya terbayar sudah ambisi saya untuk menjadi juara pada putaran di Jepang ini. Kondisi cuaca sangat menguji kemampuan balap saya," kata Ahwin.

"Sejak awal, saya mencoba untuk melakukan start dengan baik agar bisa bersaing di grup depan. Ketika saya memimpin dan melihat jarak waktu yang cukup jauh dengan pebalap terdekat, saya mencoba mengatur ritme hingga mencapai finis. Pada putaran selanjutnya, saya akan tetap berusaha tampil maksimal," ujar pembalap AHRT ini.

Sayangnya, Lucky Hendriansya finis di posisi ke-21 karena sempat mengalami masalah daya pendang. Di kelas SuperSports 600cc, Andi Gilang finis di posisi kelima, sementara Rheza ke-12.

"Balapan kedua ini berjalan sulit bagi saya. Cuaca yang tidak mendukung membuat saya kesulitan melihat lintasan. Akhirnya pada lap kelima saya memutuskan untuk masuk pit. Namun, pada akhirnya saya tetap menyelesaikan balapan. Saya sangat kecewa dengan hasil ini, tetapi saya yakin ini bisa menjadi pembelajaran agar bisa tampil lebih baik pada putaran berikutnya."

Balapan AP250 berlangsung di bawah guyuran hujan yang membuat lintasan tergenang air dan menjadi licin. Awhin melakukan start bagus dari posisi ke-8 dan sudah berada di posisi kedua pada lap ke-2. Pada lap berikutnya, dia berhasil memimpin balapan. Awhin membalap dengan brilian dan berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir.

Ini merupakan kemenangan pertama Awhin pada musim 2019, sekaligus yang kedua bagi AHRT di kelas AP250 sejak Lucky Hendriansya memenangi balapan perdana di Sepang International Circuit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daya Pandang

Sementara itu, Irfan Ardiansyah mampu bertahan di posisi top 5 sejak awal balapan. Dia beberapa kali bersaing ketat dengan pembalap lain untuk memperebutkan posisi ketiga.

Pada dua putaran terakhir, pembalap di posisi kedua terjatuh, yang otomatis membuka lebar jalan Irfan untuk naik ke posisi kedua, dan bertahan hingga finis. Ini merupakan kali pertama pada musim ini, AHRT berhasil finis pertama dan kedua di kelas AP250.

Sayangnya, Lucky harus masuk pit pada akhir lap kelima, karena masalah daya pandang. Dia bisa melanjutkan balapan dan akhirnya finis di posisi ke-21.

3 dari 3 halaman

Klasemen

Setelah hasil dua balapan pada putaran keempat di Jepang ini, Awhin dan Irfan kini berada di posisi kedua dan ketiga klasemen AP250 dengan sama-sama mengoleksi 104 poin. Lucky masih tertahan di posisi ketujuh dengan 71 poin.

Di kelas SS600, Andi berada di peringkat ketiga dengan 83 poin, sementara Rheza ke-10 dengan 48 poin. Para pebalap AHRT akan kembali beraksi pada putaran kelima yang dijadwalkan berlangsung di Zhuhai International Circuit, China, pada 9-11 Agustus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.