Sukses

Kejuaraan Asia ke-20: Timnas Bola Voli Putra Indonesia Tekuk Kuwait

Timnas voli putra Indonesia mengawali langkahnya pada Kejuaraan Asia ke-20 dengan kemenangan.

Liputan6.com, Teheran- Tim nasional bola voli putra Indonesia memetik kemenangan pertama pada Kejuaraan Asia Senior ke-20 di Azadi Sport Complex, Teheran, Iran, Jumat (13/9). Tim yang disiapkan menuju SEA Games Filipina itu mengungguli Kuwait 3-1 (22-25, 25-20, 25-17, 25-18).

Menghadapi Kuwait, timnas voli putra Indonesia turun dengan formasi seter, Dio Zulfikri, Sigit Ardian, Dimas Saputra Pratama, Yuda Mardiansyah Putra, I Puti Randu Wahyu Pradana Putra, Rendy Ferdiant Tamamilang, serta libero Bastian Tamtomo Putra. Namun tim besutan Li Qiujiang tersebut sempat kehilangan set pertama dengan skor tipis 22-25. 

"Biasa pertandingan pertama anak-anak baru penyesuaian lapangan. Banyak mati sendiri," kata asisten pelatih Pascal Wilmar yang dihubungi di Iran, Jumat (13/9) kemarin.

Pada set kedua, menurutnya, timnas tak memberi kesempatan lawan untuk berkembang. Sehingga set kedua itu menjadi milik Sigit Ardian dkk dengan keunggulan 25-20. Begitu pula set ketiga dan keempat, timnas semakin baik dan unggul masing-masing 25-17 dan 25-18.

Tim voli putra Indonesia sendiri tergabung di Pul D bersama Korea Selatan, Kuwait, dan Pakistan. Sebanyak 16 tim mengikuti kejuaraan dua tahunan ini yang dibagi dalam empat pul di mana nantinya akan diambil dua tim teratas untuk melaju ke babak selanjutnya.

Timnas vopi putra Indonesia menjadi unggulan kelima setelah tuan rumah Iran, juara bertahan Jepang, Kazakhstan, dan Korsel. Unggulan ini disusun berdasarkan hasil kejuaraan yang sama dua tahun lalu di Gresik, Jawa Timur, di mana Indonesia di peringkat keempat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Pakistan

Indonesia kembali akan turun menghadapi Pakistan, Sabtu (14/9) serta Minggu (15/9) bertemu Korsel. Jika menang dari Pakistan, maka dipastikan lolos ke babak delapan besar.

Ke-16 tim yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini, selain keempat tim di Pul D, antara lain Iran, Australia, Qatar, dan Sri Langka di Pul A. Di Pul B terdiri dari Jepang, China Taipei, Thailand, dan Hongkong. Sedangkan Kazakhstan, Tiongkok, Oman dan India di Pul C.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.