Sukses

Barcelona dan Real Madrid Termahal di Dunia dalam Urusan Menggaji Pemain

Dari hasil penelitian menempatkan Barcelona pada puncak daftar dengan rata-rata gaji pokok tim utamanya yang mencapai USD12,8 juta.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona dan Real Madrid memimpin daftar sebagai klub yang membayar paling mahal para pemainnya dalam dunia olahraga. Hal itu setelah penelitian yang dilakukan Global Sports Salaries.

Seperti dilansir ESPN, hasil sebuah survei menempatkan Barcelona pada puncak daftar dengan rata-rata gaji pokok tim utamanya yang mencapai USD12,8 juta. Angka itu sebenarnya turun dibandingkan dengan tahun lalu.

Barcelona tahun lalu juga berada di puncak daftar ini dengan rata-rata pengeluaran untuk membayar upah pemain sebesar USD13,7 juta. Jumlah itu dipengaruhi bayaran yang harus diberikan khusus untuk Lionel Messi senilai USD65 juta.

Edisi kesepuluh penelitian Global Sports Salaries ini menempatkan Real Madrid di urutan kedua dengan rata-rata pengeluaran USD11,6 juta dan Juventus, yang menempati urutan kesembilan tahun lalu, melesat ke urutan ketiga dengan USD 10,54 juta.

Klub-klub sepak bola lainnya yang berada pada daftar 20 klub top adalah PSG pada urutan ke-12 dan Manchester City pada peringkat 13. Angka yang dipakai dalam survei ini merupakan bayaran pokok per tahun belum termasuk bonus, bonus penampilan dan bayaran ekstra lainnya.

Sementara itu, tim-tim NBA mengisi tujuh spot lainnya dalam daftar 10 besar dan menempatkan 15 tim dalam daftar 20 teratas klub yang membayar paling mahal para pemainnya dalam dunia olahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dominasi Tim NBA

Pada 2017, tiga teratas adalah Oklahoma City Thunder, Cleveland Cavaliers, dan Golden State Warriors, sedangkan pada 2018 ketiga tim NBA memiliki rata-rata gaji pemain per tahun USD 10 juta.

Tahun ini, Portland Trail Blazers menempati urutan keempat dengan hanya USD 10,4 juta, Golden State menduduki urutan kelima dengan USD 10,28 juta dan Oklahoma City jatuh ke urutan keenam dengan USD 9,8 juta.

3 dari 3 halaman

30 Besar

Dari tim berperingkat ke-21 sampai ke-30 besar tahun ini, sembilan di antaranya adalah tim-tim NBA, yang hanya diselipi satu klub sepak bola asal Jerman yakni Bayern Muenchen, yang berada di posisi ke-22.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.