Sukses

Jurnalis Korea Selatan Beberkan Informasi Kesepakatan Shin Tae-yong dengan PSSI

Kabarnya, Shin Tae-yong akan diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019 di Stadion Pakansar

Jakarta - Shin Tae-yong kabarnya akan segera menangani Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan itu disebutkan akan menandatangani kontrak selama tiga tahun.

Adalah Steve Han, jurnalis Goal Korea, melalui akun Twitternya, @realstevescores, menjabarkan secara spesifik mengenai kesepakatan Shin Tae-yong bersama PSSI untuk melatih Timnas Indonesia. Mulai dari tanggal perkenalan hingga jajaran asisten yang dibawanya.

Bola.com telah mendapatkan persetujuan dari Steve Han untuk mengutip informasi yang disebarluaskannya di Twiter. Sebelum terbang ke Indonesia pada hari ini, Kamis (26/12/2019), Shin Tae-yong, kata Steve Han, bertemu dengan sejumlah wartawan di bandara.

"Shin Tae-yong telah berada di Indonesia untuk melakukan finalisasi kontrak tiga tahun untuk menangani Timnas Indonesia. Dia akan membawa Kim Hae-won sebagai pelatih kiper dan Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik. Keduanya bekerja dengan Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 bersama Korea Selatan. Mantan pelatih Korea Selatan U-20, Gong Oh-kyun, juga akan bergabung dalam staf kepelatihan," tulis Steve Han.

Seperti media Korea Selatan lainnya, Steve Han juga mengatakan bahwa Shin Tae-yong akan rangkap jabatan sebagai pelatih. Selain tim senior, pria berusia 50 tahun ini juga bakal menangani timnas kelompok usia U-23 dan U-20.

"Fokus utama Shin Tae-yong adalah Piala Dunia U-20 2020. Timnas Indonesia U-20 akan lolos secara otomatis karena mereka menjadituan rumah. Shin Tae-yong akan bertanggung jawab atas Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20. PSSI menghargai pengalamannya untuk melatih tiga timnas tersebut."

Steve Han juga mengetahui tanggal perkenalan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Katanya, PSSI bakal menggelar konferensi pers pada Sabtu (28/12/2019) di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

"Shin Tae-yong masih mencari satu tambahan asisten pelatih. Dia menginginkan asisten yang dapat fokus pada pertahanan Timnas Indonesia. Shin Tae-yong akan diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019 di Stadion Pakansari," imbuh Steve Han.

2 dari 2 halaman

Minim Informasi

Gembar-gembor mengenai telah terjadinya kesepakatan antara PSSI dan Shin Tae-yong telah mencuat dalam beberapa hari belakangan. Hanya saja, informasi yang didapatkan masih secuil.

Wakil Ketua PSSI, Cucu Somantri memastikan, calon pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan tiba di Jakarta pada hari ini, Kamis (26/12/2019). Rencananya, pria kelahiran 11 April 1969 itu bakal menandatangani kontrak untuk menangani Timnas Indonesia pada Jumat (27/12/2019).

"Tae Yong akan tiba di Jakarta hari ini dan besok dia akan menandatangani kontrak melatih Timnas Indonesia," ujar Wakil Ketua PSSI, Cucu Somantri kepada Bola.com, Kamis (26/12/2019).

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Muhammad Adiyaksa / Editor: Wiwig Prayugi, published 26/12/2019)