Sukses

PSSI Perkenalkan Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia pada Akhir Pekan Ini

Shin Tae-yong dipilih sebagai pelatih Timnas Indonesia oleh Komite Eksekutif PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik PSSI serta sejumlah pelatih.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI akan memperkenalkan Shin Tae-yong sebagai manajer dan pelatih Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019. Juru taktik asal Korea Selatan itu telah dipilih Komite Eksekutif PSSI dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari Departemen Teknik PSSI serta sejumlah pelatih.

"Shin sudah kita undang untuk finalisasi kontrak. Setelah itu, dia akan kami perkenalkan pada Sabtu mendatang. Mudah-mudahan semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di laman resmi PSSI, Kamis (26/12/2019).

Iriawan mengungkapkan, PSSI ingin membangun tim nasional yang solid dan berprestasi. Hal ini tentu saja tidak dilakukan secara instan, namun terukur dengan program kepelatihan yang disusun tim pelatih.

Shin Tae-yong merupakan pelatih yang pernah membawa tim Korea Selatan ke Piala Dunia 2018. Dia juga punya pengalaman membawa klub menjadi juara di Liga Champions Asia.

Dengan visi, pengalaman, dan kolaborasinya bersama pelatih lokal, apa yang kita harapkan untuk tim nasional bisa diwujudkan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini

2 dari 3 halaman

Diungkap Jurnalis Korea

Steve Han, jurnalis Goal Korea, melalui akun Twitternya, @realstevescores, menjabarkan secara spesifik mengenai kesepakatan Shin Tae-yong dengan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia. Mulai dari tanggal perkenalan hingga jajaran asisten yang dibawanya.

Sebelum terbang ke Indonesia, Kamis (26/12/2019), Shin Tae-yong, ungkap Steve Han, bertemu dengan sejumlah wartawan di bandara. "Shin Tae-yong telah berada di Indonesia untuk melakukan finalisasi kontrak tiga tahun untuk menangani Timnas Indonesia," tulisnya.

"Dia akan membawa Kim Hae-won sebagai pelatih kiper dan Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik. Keduanya bekerja dengan Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 bersama Korea Selatan. Mantan pelatih Korea Selatan U-20, Gong Oh-kyun, juga akan bergabung dalam staf kepelatihan."

Seperti media Korea Selatan lainnya, Steve Han juga mengatakan Shin Tae-yong akan rangkap jabatan sebagai pelatih. Selain tim senior, pria berusia 50 tahun ini juga bakal menangani timnas kelompok usia U-23 dan U-20.

"Fokus utama Shin Tae-yong adalah Piala Dunia U-20 2020. Timnas Indonesia U-20 akan lolos secara otomatis karena mereka menjadi tuan rumah. Shin Tae-yong akan bertanggung jawab atas Timnas Indonesia senior, U-23, dan U-20. PSSI menghargai pengalamannya untuk melatih tiga timnas tersebut," tulis Steve Han lagi.

 

3 dari 3 halaman

Misi Shin Tae-yong

Shin Tae-yong memiliki khusus dalam melatih Timnas Indonesia. Ia mengaku ingin mengubah Timnas Indonesia, tentu ke arah positif. Shin Tae-yong ingin Timnas Indonesia menjadi tim yang kuat. Satu lagi, Shin juga mau Skuat Garuda jadi tim unik.

"Saya ingin menggunakan pengetahuan saya tentang Timnas Indonesia yang didapat dari berbagai pertandingan internasional. Saya ingin mengubah Indonesia jadi tim yang unik dan kuat," ujar Shin.