Sukses

Hitungan Hari Kaka Hengkang

Kian santer terdengar Kaka bakal meninggalkan Real Madrid. Rencananya, Senin (16/7) besok, Jose Mourinho akan memberi tahu Kaka jika keberadaannya di Santiago Bernabeu tak lagi dibutuhkan.

Liputan6.com, Madrid: Tadi malam, pelatih Real Madrid Jose Mourinho mendarat di Bandara Barajas, Madrid. Rencananya, menghadapi kompetisi musim depan, Mourinho bakal menggelar sesi latihan pertama bagi Los Blancos pada Senin (16/7) besok. Di hari pertama tugasnya itu Mourinho mempunyai agenda khusus yaitu membicarakan masa depan para pemain apkirannya.

Yang paling mendapat sorotan adalah gelandang serang asal Brasil, Ricardo Kaka. Sejak kompetisi musim lalu usai, kencang terdengar jika Madrid bakal mendepak salah satu mantan pemain termahalnya itu. Pasalnya, rapor Kaka dalam tiga musim—Kaka mendarat di Santiago Bernabeu pada 8 Juni 2009—terbilang mengecewakan.

Karenanya, saat bertatap muka esok hari, Mourinho menjelaskan jika opsi meninggalkan Bernabeu dan bergabung dengan klub lain merupakan opsi yang terbaik bagi Kaka. Sebab, di musim depan, peran dan kesempatan Kaka untuk bermain bersama tim inti bakal jauh lebih minim ketimbang musim lalu.

Selain soal rapor penampilan di lapangan hijau, faktor lainnya yang membuat Mourinho “mengusir” Kaka, adalah faktor finansial. Di samping ingin mendapatkan dana segar dari penjualan Kaka, yang bandrolnya ditaksir mencapai 25 juta euro, dengan mencoret nama mantan playmaker AC Milan itu dari dalam daftar gaji pemain, Mourinho bakal leluasa membicarakan kontrak personal terms dengan bintang Tottenham Hotspur Luka Modric. Sebab, gaji (bersih) Kaka di Bernabeu terbilang amat tinggi: 9 juta euro per musim.

Sejatinya, Mourinho telah berusaha mengembangkan grafik penampilan Kaka dalam dua musim terakhir. Faktanya, Kaka selalu gagal memenuhi ekspektasi Mourinho, berbeda dengan progres yang ditunjukkan Karim Benzema. Selain kerap dibelit cedera, utamanya Kaka gagal menunjukkan performa terbaiknya di laga-laga krusial. Walhasil, kepergian Kaka dari Bernabeu tinggal menunggu hari. (MEG/AS/Marca)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.