Sukses

Hanya Vaksin Corona Covid-19 yang Bisa Bikin Sepak Bola Kembali Normal

Para ahli kesehatan di dunia tak yakin sepak bola bisa kembali ditonton banyak orang di stadion sebelum vaksin corona covid-19 ditemukan.

Liputan6.com, Madrid- Para ahli memprediksi hanya vaksin Virus Corona Covid-19 yang bisa membuat sebuah pertandingan sepak bola atau olahraga kembali normal. Sebelum vaksin ada, kegiatan sepak bola bakal digelar tanpa penonton.

Seperti dilansir Marca, semua pertandingan sepak bola dan olahraga saat ini tak bisa digelar karena ada pandemi Corona Covid-19. Seorang ahli epidemi dari Universitas Emory, Zach Binney memprediksi vaksin baru bisa ditemukan dalam waktu minimal 18 bulan.

"Yang orang harus diketahui masyarakat, secara ilmu epidemi, setiap orang yang bertambah akan menambah risiko terkena corona covid-19," ujarnya.

"Lima orang lebih berbahaya dibandingkan dua orang, 10 orang lebih bahaya dari lima, 500 lebih bahaya dari 10 dan 60 ribu orang itu sangat bahaya."

Dia menjelaskan penyebaran Corona Covid-19 begitu cepat, bahkan di sebuah kerumunan dalam jumlah kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Lama

Binney menegaskan hanya vaksin yang bisa membuat segala hal normal. Termasuk pertandingan sepak bola yang biasa disaksikan banyak penonton.

"Saya hampir yakin 100 persen, kita tak bisa kembali ke periode stadion penuh sampai ditemukan vaksin," katanya.

"Prediksi saya mungkin 18 bulan, bisa saja lebih lambat atau cepat."

Dia tak yakin semua bentuk kerumunan bisa digelar di tahun ini. Tak hanya olahraga, kegiatan seperti konser musim pun demikian.

"Paling cepat musim 2021 itu baru bisa terjadi," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Pendapat Lain

 

Sementara itu, spesialis obat Carlos Alberto Arenas Diaz mengatakan, kerumunan seperti penonton sepak bola sangat tergantung kepada proporsi imunitas kelompok tersebut.

"Dalam hal kekebalan tubuh kolektif, kalau tinggi, tak ada lagi bahaya open stadion untuk sepak bola," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.