Sukses

7 Fakta Menarik Jelang MotoGP Andalusia 2020: Quartararo Terus Perbaiki Rekor

Berikut sejumlah fakta menarik jelang MotoGP Andalusia:

Liputan6.com, Jerez - Seri kedua MotoGP 2020 berlangsung di Sirkuit Jerez, Minggu (26/7/2020). Sejauh ini cerita berjalan sama seperti balapan di tempat sama pekan lalu.

Kali ini bertajuk MotoGP Andalusia, Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha kembali menjadi yang tercepat pada kualifikasi.

Maverick Vinales asal Monster Energy Yamaha juga mencatat perbaikan, begitu pula rekan setim Valentino Rossi.

Namun, bintang Ducati Andrea Dovizioso mengalami penurunan. Dia kalah dari rider tim satelit pabrikan asal Italia tersebut, Francesco Bagnaia.

Juara bertahan MotoGP Marc Marquez coba membalap meski baru operasi beberapa hari sebelumnya. Meski pada akhirnya dia memutuskan mundur.

Berikut sejumlah fakta menarik jelang MotoGP Andalusia:

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kehebatan Quartararo

1. Quartararo merebut pole position balapan di Jerez untuk kali ketiga secara beruntun. Dia mengawali performa ini di MotoGP Spanyol tahun lalu.

2. Quartararo merebut empat pole secara beruntun. Dia jadi pembalap Prancis pertama yang melakukannya di kelas utama sejak Christian Sarron membukukan prestasi serupa pada 1988.

 

3 dari 5 halaman

Yamaha Ikut Tersenyum

3. Quartararo membantu Yamaha merebut lima pole secara beruntun. Ini adalah rentetan terpanjang bagi pabrikan tersebut sejak 2010 (seluruhnya atas nama Jorge Lorenzo).

4. Jika kembali menang, Quartararo (21 tahun 97 hari) bakal jadi pembalap termuda kedua dengan kemenangan beruntun di kelas utama. Dia berada di belakang Marquez (20 tahun 154 hari) yang berjaya di Jerman dan AS pada 2013.

4 dari 5 halaman

Marquez dan Rossi

5. MotoGP Andalusia jadi kali pertama Marquez absen di balapan kelas utama. Terakhir kali dia absen di Valencia 2011 ketika bersaing di Moto2.

6. Pembalap tersukses di Jerez dengan kemenangan terbanyak di kelas utama adalah Rossi. Dia sudah berjaya tujuh kali. Setelah mundur dari MotoGP Spanyol pekan lalu, dia menduduki posisi empat pada kualifikasi MotoGP Andalusia. Ini adalah performa terbaik The Doctor di kualifikasi sejak MotoGP Australia 2019.

5 dari 5 halaman

Rapor Terbaik Pembalap Muda

7. Dua pembalap tim satelit, Francesco Bagnaia (Pramac Racing) dan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) membukukan performa kualifikasi terbaik sepanjang karier masing-masing. Bagnaia berada di urutan tiga dan Oliveira posisi lima. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.