Sukses

Vidal Blak-blakan soal Kondisi Barcelona dan Kebutuhan Messi

Barcelona tengah dalam kondisi terpuruk dan situasi bertambah parah menyusul rencana hengkang Lionel Messi.

Liputan6.com, Jakarta Arturo Vidal blakblakan terkait kondisi Barcelona dan Lionel Messi belakangan ini. Menurut dia, banyak yang harus dirombak oleh Blaugrana untuk kembali bangkit dari keterpurukan.

Barcelona dianggap perlu melakukan perubahan besar setelah mengalami serentetan hasil yang kurang memuaskan musim ini. Selain gagal merebut satu trofi-pun, tim asal Catalonia itu dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munchen di perempat final Liga Champions.

Situasi ini bertambah parah setelah Lionel Mesi yang menjadi ikon Barcelona mengirimkan Burofax ke manajemen yang berisi keinginannya pindah dari Camp Nou.

Vidal, seperti dilansir dari Marca, menilai banyak yang perlu dibenahi dari Barca. Sebab, selama ini tim asal Catalonia itu, menurut dia, sudah menyimpang jauh dari ciri khasnya.

"Banyak hal di Barcelona yang sudah tidak cocok untuk tim level atas," ujar Vidal kepada La Tercera belum lama ini. "Pada akhirnya, Anda menyadari ini ketika Anda bertemu dengan tim yang terorganisir, tim yang punya mental juara, dan memiliki pemain yang siap secara fisik dan punya rencana matang."

"Itu akan berdampak buruk saat Anda mulai melemah sejak dalam pikiran, dan itu terjadi kepada kami," ucap Vidal menambahkan.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

2 dari 4 halaman

Perubahan Total

Untuk keluar dari situasi ini, Vidal menyarankan beberapa hal. Pertama-tama adalah, Barcelona mengubah pola pikirnya karena sepak bola telah berkembang pesat.

"DNA sedang tertinggal dan tim-tim lain sedang berkembang di aspek lain. Saat ini sepak bola lebih ke fisik, lebih kuat dan lebih cepat, dan kemampuan teknis kadang berada di urutan kedua," beber pemain asal Cile itu.

"Tim harus mengubah banyak hal," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Komposisi Tim

Komposisi tim juga menjadi sorotan Vidal. Menurut dia, sulit bagi tim untuk berkembang dengan hanya memiliki 13 pemain profesional dan sisanya dihuni oleh pemain muda. Bukan karena mereka tidak layak berada di sana, tapi mereka juga harus mampu bersaing dengan yang terbaik dan menyadari dengan siapa dia bermain.

"Setiap tim punya 23 pemain untuk berebut tempat di tim inti, berkembang dan berusaha lebib baik setiap hari," kata Vidal.

"Namun ketika mereka tidak menunjukkan progress, dan Anda selalu berpikir bakal menang dengan DNA, di situ letak kesalahannya."

 

4 dari 4 halaman

Kebutuhan Messi

Sementara itu, mengenai situasi yang dihadapi Messi, Vidal juga punya punya pendapat sendiri. Menuru dia, La Pulga tidak bisa bekerja sendirian di lini depan Barcelona.

"Kami punya banyak pemain hebat. Kami punya Messi yang adalah nomor satu di dunia, alien, tapi dia butuh bantuan," katanya.

"Dia butuh pemain yang membuat tim ini lebih berkembang dan meraih hasil lebih baik."