Sukses

Prediksi Tinju Anthony Joshua Vs Kubrat Pulev : Bukan Perebutan Gelar Biasa

Anthony Joshua bakal berhadapan dengan Kubrat Pulev di Wembley Arena, Inggris, Minggu WIB (13/12/2020).

Liputan6.com, Jakarta Anthony Joshua tidak hanya mempertaruhkan seluruh gelar juara dunia yang disandangnya ketika berhadapan dengan Kubrat Pulev di Wembley Arena, Inggris, Minggi (13/12/2020). Reputasinya sebagai bintang tinju kelas berat juga ikut diuji lewat pertarungan melawan petinju Bulgaria itu. 

Setelah era Kltischko bersaudara memudar, tinju kelas berat boleh dikatakan menjadi milik Anthony Joshua. Petinju asal Britania Raya itu berhasil merebut satu per satu gelar juara di kelas tersebut.

Reputasi AJ semakin menjanjikan lewat kemenangan yang diraihnya melawan petinju-petinju ternama. Salah satunya ketika memukul KO Wladimir Klitsckho dalam duel di Wembley Stadium 2017 lalu. 

Rekor bertanding AJ juga tidak main-main. Dari 23 duel yang sudah dijalani, AJ berhasil menang KO sebanyak 21 kali. Joshua adalah pemegang empat gelar juara dunia kelas berat, yakni WBA, WBO, IBF, dan IBO. Satu-satunya yang belum direbut hanyalah gelar WBC yang berada dalam genggaman Tyson Fury.

Namun di balik sederet kesuksesan ini, ada satu noda yang mencoreng reputasi AJ, yakni kekalahan dari Andy Riuz Jr pada awal tahun 2019 lalu. Bertarung di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat, petinju berusia 31 tahun tersebut secara mengejutkan dipukul KO pada ronde ketujuh.  

Akibat kekalahan ini, AJ harus kehilangan seluruh gelar juara yang pernah direbutnya. Namun yang paling mengkhawatirkan, kekalahan itu juga memperlihatkan kalau AJ ternyata punya kelemahan. 

Anthony Joshua memang berhasil memenangkan rematch melawan Andy Ruiz Jr di penghujung tahun dan berhasil merebut kembali seluruh gelar yang sempat lepas. Meski demikian, kemenangan angka atas Ruiz Jr tidak sepenuhnya mampu mengikis keraguan publik akan masa depan AJ di atas ring.

Setelah setahun tidak bertanding, AJ kini siap bertemu Pulev di hadapan sekitar 1000 penonton. Kemenangan tidak hanya mengamankan sabuk miliknya tapi juga penting untuk rasa percaya dirinya.

"Tekanan yang saya lewati tahun lalu sangat berat, tapi itu membuat mental saya lebih kuat. Kulit saya kini tumbuh lebih tebal. Saya selalu tangguh dan ingin bertemu petinju terbaik, itu tidak pernah jadi masalah," ujar AJ dalam jumpa pers sebelum duel melawan Pulev seperti dilansir dari fightnews. 

Pulev yang memiliki rekor bertanding (29-1) sebenarnya bukan lawan yang ideal bagi AJ. Usia petinju asal Bulgaria itu sudah mencapai 39 tahun atau terpaut lebih tua 8 tahun dari Joshua (31 tahun). Namun berkaca dari duel melawan Andy Riuz Jr, Pulev tetaplah ancaman serius bagi Joshua. 

"Saya telah mengenal Kubrat Pulev selama bertahun-tahun. Saya berada di pusat pelatihan yang sama ketika abangnya menjadi lawan latih tanding melawan Warren Baister. Saya juga berada di pusat latihan Kltischko saat dia bersiap menghadapi Pulev. Saya tahu sedikit taktik mengalahkannya."

Sementara itu, Pulev sudah lama menantikan duel melawan  AJ. Pada tahun 2017 lalu, keduanya batal bertarung karena Pulev mengalami cedera. Pertemuan selanjutnya sempat dijadwalkan pada awal tahun ini, tapi terpaksa diundur diundur akibat pandemi virus Corona penyebab Covid-19 

"Saya siap untuk pertandingan ini, saya menunggunya sangat lama. Pada tahun 2017, saya ada masalah dan itu mengapa saat itu saya berkata kepada pelatih kita harus maju dan memenangkan pertandingan ini, bukan hari ini tapi beberapa tahun lagi. Saya yakin waktunya akan tiba," katanya. 

"Saya di sini sekarang, siap untuk bertarung dan menang. Saya yakin bisa memenangkan pertandingan pada Sabtu (Minggu WIB) nanti," beber Pulev. 

 

 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulev Optimistis

Pulev sebenarnya sadar, kondisinya tidak sebugar tiga tahun lalu. Namun Pulev sudah siap dan optimistis bisa mengatasi AJ di atas ring. Di usia yang sudah mencapai 39 tahun, duel melawan AJ kemungkinan bakal jadi kesempatan terakhir bagi Pulev untuk merebut 4 gelar juara dunia sekaligus. 

"Pada tahun 2017, saya lebih muda, tapi saya juga punya masalah saat latihan dan tidak bisa bertanding. Sekarang saya sehat, saya siap dan gembira bisa bertanding. Dengan pandemi di seluruh dunia, ini bukan hal mudah. Saya siap meraih kemenangan," kata Pulev. 

"Saya pikir saya punya segalanya. Saya siap. Hormat saya kepada Anthony sebagai juara Olimpiade dan juara dunia, dan petinju hebat. Saya siap dan punya segalanya menjadi juara," bebernya.

Pulev telah bertanding sebanyak 29 kali dan memenangkan 28 di antaranya (14KO). Satu-satunya kekalahan dialaminya saat bertemu Wladimir Klitsckho pada tahun 2014. Saat itu, Pulev kalah KO pada ronde ke-5. Dan tiga tahun setelah laga itu, Wladimir harus menyerah TKO atas Anthony Joshua. 

  

3 dari 4 halaman

Tale of Tape

Anthony Joshua

Usia: 31

Negara: Inggris Raya

Menang: 23 (21 KOs)

Kalah: 1

Seri: 0

Tinggi: 198cm

Jangkauan: 208cm

 

Kubrat Pulev

Usia: 39

Negara: Bulgaria

Menang: 28 (14 KOs)

Kalah: 1

Seri: 0

Tinggi: 194cm

Jangkauan: 202cm

 

4 dari 4 halaman

Partai Tambahan

Lawrence Okolie v Nikodem Jezewski — vacant WBO International cruiserweight title

Hughie Fury v Mariusz Wach — heavyweight

Martin Bakole v Sergey Kuzmin — WBC international heavyweight title

Qais Ashfaq v Ashley Lane — super-bantamweight

Florian Marku v Alex Fearon — welterweight

Macaulay McGowan v Kieron Conway — super-welterweight

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.