Sukses

Profil Leani/Khalimatus, Peraih Emas Pertama Indonesia di Paralimpiade 2020

Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah merebut medali emas ganda putri para badminton Paralimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta- Leani Ratri/Khalimatus Sadiyah sukses mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020. Pasangan ganda putri ini memenangi partai final para badminton klasifikasi SL3-SU5 pada Sabtu (4/9/2021) sore WIB.

Bertanding di Yoyogi National Stadium, Leani/Khalimatus mengalahkan pasangan Tiongkok Cheng Hefang/Ma Huihui di partai final. Leani/Khalimatus menang dua set langsung 21-1 dan 21-12 dalam kurun 32 menit.

Leani/Khalimatus memang memiliki segudang prestasi di para badminton. Leani/Khalimatus pernah meraih medali emas di Asean Para Games 2018.

Bahkan Leani memiliki julukan Ratu Para Badminton. Wanita 30 tahun ini memiliki prestasi cemerlang bukan hanya di ganda putri. Leani juga berjaya di tunggal putri dan ganda campuran.

Di Paralimpiade 2020, Leani Ratri masih berpeluang menambah dua medali emas lagi di Paralimpiade 2020. Dia akan bertanding di final tunggal putri SL4 pada Minggu (5/9/2021) pagi WIB melawan wakil China Cheng Hefang.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Leani

Besok Leani juga akan main di final ganda campuran. Berpasangan dengan Hary Susanto, Leani akan bersua wakil Prancis Lucas Mazur/Faustine Noel.

Leani sudah pernah menyapu bersih gelar juara di tiga nomor berbeda pada turnamen di Irlandia dan Kanada yang berlangsung tahun ini. Pada tahun 2018, Leani juga pernah dinobatkan sebagai Atlet Para Badminton Terbaik oleh BWF.

3 dari 4 halaman

Alim

Berbeda dengan Leani, Khalimatus usianya masih cukup muda, 21 tahun. Alim, sapaan akrabnya mulai menekuni karier di bulu tangkis pada saat duduk di kelas 5 SD.

Alim bergabung dengan sekolah olahraga Bendo Sport Mojosari. Menariknya, Alim awalnya tidak bermain di bulu tangkis. Dia mengeluti voli dan sepak bola.

4 dari 4 halaman

Biodata

Nama: Khalimatus Sadiyah

Tempat lahir: Mojokerto, Jawa Timur

Tanggal lahir: 17 September 1999

 

Nama Nama: Leani Ratri Oktila

Tempat lahir: Kampar

Tanggal lahir: 6 Mei 1991

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.