Sukses

Boaz Solossa Nyalakan Api PON Papua, Jokowi Bermain Sepak Bola di Upacara Pembukaan

Pesepak bola Boaz Solossa menyalakan api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021).

Liputan6.com, Jayapura - Pesepak bola Boaz Solossa menyalakan api Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021).

Boaz membawa obor ke kaldron di stadion untuk kemudian menyalakan api. Momen ini ditandai dengan gemerlap kembang api.

Sebelumnya, anak kecil memanggil Presiden RI Joko Widodo turun dari tribune menuju lapangan. Jokowi kemudian bermain sepak bola dengan eks pesepak bola Jack Komboy dan anak-anak Papua.

Jokowi sebelumnya secara resmi PON XX. "Kita bangga berada di tanah Papua. Kita bangga berada di stasion terbaik di Asia Pasifik. Kita bangga membuka PON XX, PON pertama yang diselenggarakan di tanah Papua,"

"Pekan olahraga ini menunjukkan kemajuan dan kesiapan Papua menjadi tuan rumah ajang internasional. PON ini adalah panggung kesatuan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan sekaligus jadi bingkai persatuan Republik Indonesia."

"PON Papua, secara resmi saya buka," tutup Jokowi.

Begitu Jokowi selesai memberi sambutan, kembang api menghiasi langit di atas stadion. 

PON Papua secara resmi berlangsung 2-15 Oktober. Namun, sejumlah cabang sudah dipertandingkan sejak 22 September.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sambutan Papua

Pada kesempatan sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe memberi sambutan kepada seluruh tamu yang datang.

"Sebuah kebanggaan bagi kami, seluruh anak bangsa berkumpul di tempat ini. Kami akan berusaha sekuat tenaga memberikan tawa dan senyum kepada tamu, ketimbang tangis dan kekecewaan," kata Lukas Enembe.

Upacara pembukaan PON XX dimulai tepat pukul 19.00 WIT. Puluhan penari menarikan tarian tradisional diikuti dengan tulisan "Selamat Datang Papua." Video hitung mundur diputar dengan burung cendrawasih.

Tayangan kemudian menunjukkan keindahan alam Papua, termasuk Danau Sentani, Tugu Arthur, situs Megalitik, juga kerajinan tangan, serta suguhan khas Papua, di antaranya Papeda dengan kuah kuning.

"Kota dengan keanekaragaman yang terangkai menjadi sebuah harmoni, menyambut hangat jiwa-jiwa baru yang datang," penggalan penjelasan dari video tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Momentum Pemuda Papua

Upacara pembukaan PON XX menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tampilan pertunjukan kreatif dan budaya itu mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

PON Papua sekaligus menjadi momentum bagi anak-anak muda Bumi Cenderawasih untuk bangkit dan berprestasi dalam olahraga.

Sejumlah selebritas nasional dan artis Papua turut memeriahkan Upacara Pembukaan PON Papua. Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku menjadi pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay dan Lea Simanjuntak juga mengisi acara.

Sementara artis Papua yang tampil antara lain Vien Mangku ft. Qhiba Mansawan, Joanita Chatarine, Papua Original, Trio Papua, Albert Fakdawer, Oyandi Voice, dan Paduan Suara Gema Chandra Universitas Cenderawasih.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.