Sukses

Malaga, Debutan yang Mengejutkan

Dari 16 klub yang berhak tampil di fase perdelapan final, Malaga merupakan tim debutan. Namun, performa skud asuhan Manuel Pellegrini di babak penyisihan grup terbilang mengejutkan.

Dari 16 klub yang berhak tampil di babak perdelapan final Liga Champions musim ini, Malaga merupakan tim debutan alias pemula. Namun, penampilan yang ditunjukkan skuad asuhan Manuel Pellegrini ini di babak penyisihan grup dapat dibilang mengejutkan. Di luar dugaan, Los Boquerones, julukan Malaga, mampu meloloskan diri dari jepitan klub raksasa Italia, AC Milan, wakil Rusia, Zenit St Petersburg, dan Anderlecht.

Tidak hanya itu, dari enam (6) pertandingan yang dilakoni di fase penyisihan grup, Malaga tampil nyaris sempurna dengan mencatat tiga kali kemenangan, tiga kali bermain imbang dan tanpa terkalahkan, serta menjadi tim yang paling sedikit kebobolan, hanya lima (5) gol.

Diawali dengan kemenangan meyakinkan dari Zenit dan Anderlecht, Malaga benar-benar menunjukkan supremasinya setelah memecundangi Rossoneri di matchday ketiga. Dengan hasil sempurna di tiga partai awal, Malaga pun menclok di posisi teratas alias juara grup setelah bermain imbang di tiga laga sisa.

Padahal, sebelum kompetisi di musim ini dimulai, Malaga mendapat musibah yang sangat berat menyusul krisis finansial yang melanda klub. Bahkan, Pellegrini pun sempat dikabarkan bakal meninggalkan La Rosaleda. Krisis tersebut memicu dilegonya salah satu pemain kunci dan kepercayaan Pellegrini, Santi Cazorla, ke Arsenal. Juga turut “dibuang” striker Salomon Rondon yang diakuisisi Rubin Kazan.

Karenanya, guna menyiasati lowongnya beberapa posisi, Pellegrini hanya bisa meminjam striker Roque Santa Cruz dari Manchester City, bek sentral Oquchi Onyewu dari Sporting Lisbon, dan penyerang senior Argentina yang bermain bersama Benfica, Javier Saviola.

Dibarengi gemilangnya penampilan gelandang muda Isco dan kembali dahsyatnya kiprah winger Joaquin Sanchez, Malaga perlahan-lahan mulai menunjukkan penampilan yang pantas diperhitungkan. Termasuk oleh lima bakal calon lawan yang akan dihadapi skuad Pellegrini di babak 16 besar nanti. Kelima klub tersebut adalah FC Porto, Arsenal, Shakhtar Donetsk, Celtic, dan Galatasaray. (MEG)

Tanggal Matchday Hasil
18 September 2012 1 Malaga 3-0 Zenit
03 Oktober 2012 2 Anderlecht 0-3 Malaga
24 Oktober 2012 3 Malaga 1-0 Milan
6 November 2012 4 Milan 1-1 Malaga
21 November 2012 5 Zenit  2-2 Malaga
04 Desember 2012 6 Malaga 2-2 Anderlecht