Sukses

Piala AFF 2020: Thailand Mewaspadai Timnas Indonesia

Asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Thailand Jadet Meelarp melihat Indonesia sebagai salah satu calon lawan kuat di Piala AFF 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten pelatih tim nasional (timnas) Thailand Jadet Meelarp melihat Indonesia sebagai salah satu calon lawan kuat di Piala AFF 2020. Meski tak satu grup, ia menilai skuat Merah Putih selalu menyulitkan ketika bertemu dengan Negeri Gajah Putih.

Thailand berada di Grup A Piala AFF 2020 bersama tuan rumah Singapura, Filipina, Singapura dan Timor Leste. Sedangkan, Timnas Indonesia masuk Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Thailand tentu saja menjadi unggulan di Piala AFF 2020 ini. Sebab, secara materi pemain, mereka punya skuad cukup baik. Thailand juga punya pengalaman bagus pada level Asia Tenggara.

Melansir media lokal Vietnam, Soha, Jadet mengomentari persaingan yang ada di grup B. Menurutnya, tim-tim di sana termasuk Indonesia patut diwaspadai karena Timnas Thailand selama ini kerap disulitkan.

“Di Grup B, Malaysia atau Indonesia juga tim yang sangat mengkhawatirkan. Setiap kali kami mengalami kesulitan, kesulitan akan terjadi. Artinya, Thailand harus tidak subjektif di hadapan lawan mana pun,” ujar Jadet dikutip Soha.

Namun, Jadet memprediksi tim yang menjadi favorit juara tahun ini masih dipegang oleh Vietnam. Menurutnya, tim asuhan Park Hang-seo tersebut bermain luar biasa sejak kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Vietnam adalah kandidat nomor satu untuk kejuaraan di Piala AFF,” ucap Jadet.

“Saya sering menyaksikan mereka bertanding di babak kualifikasi final Piala Dunia 2022. Secara khusus, pertandingan yang paling berkesan bagi saya adalah kekalahan 0-1 Vietnam dari Jepang. Guru dan siswa pelatih Park Hang-seo bermain sangat disiplin dan terkadang memberikan tekanan pada lawan,” lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapan Jelang Piala AFF

Jadet pun melihat persiapan peserta lain jauh lebih matang dibandingkan timnya. Pasalnya, Timnas Thailand baru akan mengumpulkan seluruh pemainnya pada 28 November 2021 karena liga domestik di sana baru saja berakhir.

Alhasil, Tim Gajah Putih dimungkinkan tidak memiliki waktu untuk menjalani pertandingan uji coba jelang laga. Sebaliknya, Timnas Indonesia sedang menggelar pemusatan latihan di TUrki untuk menghadapi Piala AFF 2020 yang rencananya digelar di Singapura pada 5 Desember hingga 1 Januari 2022.

Timnas Indonesia akan menjalani laga uji coba menghadapi Myanmar, Kamis (25/11/2021). Selain melawan Myanmar, Indonesia juga akan melakoni uji coba melawan klub lokal Turki, Antalyaspor FC pada 28 November.  Pemusatan latihan  di Turki berlangsung hingga 1 Desember mendatang.

 

Penulis: Rafi Abdul Rochim

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.