Sukses

Menpora Amali Pastikan Proliga dan IBL Bergulir Mulai Januari 2022

Menpora Zainudin Amali memastikan kompetisi bola voli dan basket Tanah Air, Proliga dan IBL, bakal mulai bergulir pada Januari tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali memastikan turnamen voli dan bola basket profesional di Tanah Air, Proliga dan IBL, akan mulai bergulir pada Januari 2022. Hal ini disampaikannya dalam konferensi pers virtual yang berlangsung pada Jumat (17/12/2021) sore.

“Kami baru saja melakukan rapat koordinasi terkait Proliga atau kompetisi bola voli kita yang sempat terhenti beberapa waktu lalu. Sekarang (kompetisi tersebut) sudah akan dimulai kembali,” kata Menpora pada Jumat siang.

Di samping itu, Indonesian Basketball League (IBL) juga dikabarkan mulai berlangsung pada awal tahun depan. Liga bola basket profesional tertinggi Indonesia ini rencananya bakal digelar dengan kehadiran penonton.

“Kami sudah mendapatkan gambaran dan pemaparan dari PB Perbasi serta IBL tentang akan dimulainya kompetisi bola basket. Bedanya dengan Proliga, IBL sudah mulai (digelar) dengan penonton terbatas,” sambung Menpora Amali.

Adapun, Proliga dijadwalkan berlangsung mulai 7 Januari hingga 27 Maret 2022, sementara IBL akan dilaksanakan pada 15 Januari sampai 29 Mei 2022.

2 dari 4 halaman

Teknis Pelaksanaan Proliga

Berbeda dari sebelumnya, Proliga kali ini hanya berlangsung akan selama tiga bulan. Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengatakan, pengurangan durasi kompetisi dilakukan lantaran adanya SEA Games Vietnam pada Mei 2022.

“Proliga akan kita mainkan lagi mulai 7 Januari sampai 27 Maret yang akan datang. Kalau biasanya (Proliga dilaksanakan) sampai lima bulan, kali ini hanya (digelar) tiga bulan karena setelah itu kita akan menghadapi SEA Games di Vietnam,” ujar Imam.

Lebih lanjut, Proliga rencananya bakal dihelat di satu lokasi, yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor. Kompetisi ini tidak akan melibatkan penonton, sehingga para penggemar voli Indonesia hanya bisa menyaksikan jagoannya melalui siaran langsung.

“Proliga akan dilaksanakan di satu tempat, yaitu Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto di Sentul, Bogor. Semua tingkat penyisihan sampai dengan empat besar dan final, nanti dilaksanakan di sana tanpa penonton,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Teknis Pelaksanaan IBL

Berbeda dari Proliga, IBL dijadwalkan berlangsung di enam kota Indonesia. Kompetisi tersebut diikuti oleh 16 klub dan dapat dihadiri penonton dalam jumlah terbatas.

Meski demikian, Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi mengaku pihaknya masih akan melakukan pembahasan terkait kehadiran dan kapasitas penonton, jika IBL mendapat izin dari pihak berwenang.

“Kami sedang berjuang agar setiap kompetisi kami mudah-mudahan diberi izin untuk menghadirkan penonton. Tentu (terkait) kehadiran penonton, kami tetap akan berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya mengenai prokes dan tata cara dari protokol kesehatan yang berlaku,” katanya.

 

4 dari 4 halaman

Kapasitas Penonton IBL

PP Perbasi kabarnya ingin mengajukan kapasitas penonton IBL dalam kisaran 10, 15, hingga 20 persen usai mendapat izin. Namun, tak menutup kemungkinan kapasitas tersebut akan berubah, bergantung pada kondisi daerah.

“Tentu kita juga sudah berkomitmen tadi di dalam, bahwa kita akan menyesuaikan dengan kondisi di daerah. Kita tidak tahu, hari ini kondisinya adalah zona hijau. Kalau ke depan ada perubahan, kita akan dengan disiplin mengikuti protokol yang diberlakukan Satgas COVID.”

 Penulis: Melinda Indrasari