Sukses

Kaleidoskop 2021: 5 Kepindahan Pemain Paling Menyita Perhatian

Berikut lima kepindahan pemain paling menghebohkan sepanjang tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir. Sepanjang tahun 2021, aktivitas klub-klub sepak bola di bursa transfer pemain cukup heboh meski masih terhalang masalah finansial akibat pandemi Covid-19 yang belum usai.

Di tahun 2021 ini, cukup banyak kepindahan pemain yang menghebohkan para pecinta bola di seluruh dunia. Menariknya tak semua kepindahan pemain yang menghebohkan ini melihatkan uang banyak.

Ada beberapa kepindahan pemain dengan gratis namun tetap mengguncang. Berikut kaleidoskop kepindahan pemain paling menghebohkan sepanjang 2021:

Lionel Messi

Tentu saja kepindahan pemain paling menghebohkan adalah bergabungnya Lionel Messi ke Paris Saint-Germain. Yang lebih cetar membahana, Messi didapat PSG dengan gratis pada Agustus 2021

Messi terpaksa meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya Barcelona di musim panas 2021. Pria Argentina itu sebenarnya ingin bertahan. Barca juga masih ingin memakai jasanya.

Namun Messi terpaksa pindah karena keadaan. Barcelona mengalami krisis keuangan. Mereka tak bisa mendaftarkan kontrak Messi meski sang pemain sudah bersedia memangkas gajinya habis-habisan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo

Seolah tak mau kalah dengan Messi, Cristiano Ronaldo juga pindah klub di musim panas 2021. Pria Portugal itu meninggalkan Juventus dan kembali bergabung dengan Manchester United.

Ronaldo memutuskan pergi dari Juve meski masih tersisa kontrak setahun lagi. Transfer Ronaldo cukup mengejutkan karena terjadi beberapa hari sebelum bursa transfer musim panas 2021 resmi ditutup pada 31 Agustus 2021.

Kembalinya Ronaldo ke MU juga dipenuhi drama. Ronaldo hampir saja bergabung dengan Manchester City. MU bergerak cepat menelikung di saat akhir karena tak mau melihat Ronaldo main di rival sekota.

Proses kepindahan Ronaldo ke MU cukup cepat dalam waktu 24 jam saja sejak rumor pertama merebak. MU membayar mahar sekitar 23 juta euro.

3 dari 5 halaman

Romelu Lukaku

Di tahun 2021, Romelu Lukaku juga kembali bergabung dengan mantan klubnya. Pemuda Belgia itu direkrut Chelsea dari Inter Milan dengan nilai transfer 97,5 juta poundsterling.

Kepindahan Lukaku ke Chelsea tak lepas dari masalah finansial yang dihadapi Inter Milan. Mereka terpaksa harus menjual aset berharganya di musim panas 2021.

Sebelum melepas Lukaku, Inter sudah menjual Achraf Hakimi ke Paris Saint Germain. Penjualan pemain bintang ini membuat pelatih Antonio Conte marah dan memilih meninggalkan Inter.

Ini menjadi periode kedua Lukaku di Chelsea. Sebelumnya dia pernah membela The Blues dari 2011 sampai 2014. Sayangnya saat itu Lukaku tak sukses.

4 dari 5 halaman

Sergio Ramos

Sergio Ramos juga pindah ke Paris Saint Germain di musim panas 2021 dengan gratis. Ramos tak memperpanjang kontraknya bersama Real Madrid yang habis Juni 2021.

Sebelum memilih PSG, Ramos sebenarnya sudah didekati beberapa klub besar Eropa lain seperti Manchester United dan Juventus. Pada akhirnya Ramos menetapkan PSG sebagai klub barunya.

Tawaran gaji dari PSG sesuai dengan keinginan Ramos. Real Madrid tak sangguh memberikan kenaikkan gaji karena sedang terkena dampak finansial pandemi Covid-19. Madrid hanya mau memperpanjang kontraknya setahun saja.

5 dari 5 halaman

Jack Grealish

Meski tahun 2021 banyak klub berhemat karena terpukul pandemi Covid-19, Manchester City justru tetap jor-joran. City memecahkan rekor transfer termahal di Liga Inggris.

Tim besutan Josep Guardiola itu merekrut gelandang serang Jack Grealish dari Aston Villa. City membayar mahar mencapai 100 juta poundsterling kepada Villa demi memiliki Grealish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.