Sukses

Bedah Kekuatan Lini per Lini Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020: Paling Tajam dan Solid

Timnas Indonesia sejauh ini merupakan tim paling tajam di Piala AFF 2020. Thailand malah lebih solid di lini pertahanan

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada laga final Piala AFF 2020. Rencananya, pertemuan kedua tim berlangsung dua leg di Stadion Nasional, Singapura, yakni Rabu (29/12/2021) dan Sabtu 1 Januari 2022.

Ini merupakan duel klasik penuh sejarah di Piala AFF. Lima kali final Timnas Indonesia di Piala AFF, tiga di antara bersua Tim Gajah Perang.

Namun, kali ini semua perubahan terjadi baik di tubuh Indonesia maupun Thailand. Di bawah komando Shin Tae Yong, Indonesia bertransformasi menjadi tim yang piawai memperagakan sepakbola menyerang lewat skema umpan pendek dengan pressing tinggi.

Di lini depan, Indonesia sejauh ini merupakan tim paling gacor di Piala AFF 2020. Total, Asnawi Mangkualam dkk mampu mencetak sebanyak 18 gol dari enam pertandingan di Piala AFF 2020.

Rinciannya adalah ke gawang Kamboja (4 gol), Laos (5 gol), Malaysia (4 gol), Singapura leg 1 (1 gol) dan leg 2 (4 gol).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berbeda

Thailand memang agak berbeda. Dari enam laga timnas mereka hanya mampu mencetak 12 gol. Namun catatan luar biasa dimiliki Thailand dalam hal pertahanan.

Solidnya lini belakang Thailand membuat skuad yang dinahkodai Mano Polking itu hanya kebobolan sekali dari enam laga yang dijalani

3 dari 5 halaman

Top Skor

Teerasil Dangda menjadi pencetak gol terbanyak Thailand di Piala AFF 2020 dengan torehan empat gol. Perolehan ini juga membawa sang striker memuncaki daftar top skor Piala AFF 2020.

Namun, bukan berarti Thailand bergantung dengan satu pemain. Dua gol Teerasil Dangda saja lahir dari penalti. Thailand memiliki kolektivitas permainan yang bagus dan kerap membangun serangan dari bawah via umpan-umpan pendek.

4 dari 5 halaman

Tekinik Tinggi

Thailand juga memiliki sejumlah pemain dengan teknik tinggi seperti Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Supachai Jaided yang kerap masuk dari second line.

Kedua fullback Thailand, yakni Theerathon Bunmathan dan Narubadin Weerawatnodom juga impresif dalam menyerang dan bertahan. Narubadin Weerawatnodom yang bermainan sebagai bek kanan bahkan dapat membuat tiga assist.

Organinasi permainan Thailand begitu baik baik dari tengah maupun sektor sayap. Ini membuat 10 gol tim Gajah Perang hadir lewat situasi open play. Statisik Kunci Indonesia dan Thailand

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Rabu 29 Desember 2021

19.30 WIB Indonesia vs Thailand (live Vidio)

Sabtu 1 Januari 2022

19.30 WIB Thailand vs Indonesia (live Vidio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.