Sukses

Final Piala AFF 2020 Indonesia Vs Thailand: Deretan Trofi Shin Tae-yong Saat Jadi Pelatih

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium, Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) malam WIB di National Stadium, Singapura. Asnawi Mangkualam dkk. membidik trofi AFF pertama sepanjang keikutsertaan timnas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui, Thailand punya kualitas di atas timnya. Namun ia enggan pesimistis menghadapi laga final nanti.

"Kita tahu Thailand dan Vietnam menjadi tim terkuat Asia Tenggara saat ini. Thailand di atas kita sebenarnya, tetapi pasti ada cara bagaimana mengalahkannya," ujar Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 setelah mengandaskan perlawanan Singapura dengan agregat 5-3. Sementara, Thailand melaju ke partai puncak usai menumbangkan Vietnam dengan agregat 2-0.

Berbicara rekor pertemuan, Thailand ada di atas Indonesia. Dari lima duel terakhir, The War Elephant sudah menang 3 kali, imbang 1 kali, dan hanya kalah 1 kali.

Di tengok dari gelar AFF, Chanathip Songkrasin dkk. juga unggul dengan raihan lima gelar. Sebaliknya, timnas Indonesia hanya mapu menjadi runner up lima kali.

Terlepas dari rekor buruk itu, timnas Indonesia patut tetap optimistis. Pasalnya, Shin Tae-yong terbilang pelatih berpengalaman melakoni partai final.

Ia pun telah mempersembahkan beberapa trofi bagi tim yang dilatihnya. Shin Tae-yong tercatat pernah melatih tim Korea Selatan, Seongnam Ilhwa Chunma dan timnas Korea Selatan.

Berikut catatan trofi dalam karier kepelatihan Shin Tae-yong.

 

2 dari 3 halaman

Trofi Shin Tae-yong Saat Menjadi Pelatih

Seongnam Ilhwa Chunma

FA Cup Korea: 2011

AFC Champions League: 2010

 

Timnas Korea Selatan

EAFF Championship: 2017

3 dari 3 halaman

Jadwal Partai Final Piala AFF 2020

Rabu 29 Desember 2021

19.30 WIB, Timnas Indonesia vs Thailand, Vidio

Sabtu 1 Januari 2022

19.30 WIB, Thailand vs Timnas Indonesia, Vidio