Sukses

Ketat di Puncak Klasemen, Persib Pimpin Pekan ke-18 BRI Liga 1 2021/2022

Persib Bandung untuk sementara memuncaki klasemen pekan ke-18 klasemen BRI Liga 1 2021/2022.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki putaran kedua, persaingan menuju puncak klasemen  BRI Liga 1 2021/2022 semakin sengit. Tiga tim teratas kini memiliki poin yang sama, yakni Persib Bandung, Arema FC, dan Bhayangkara FC.

Ketiga klub ini sama-sama mengemas 37 poin dari 18 pertandingan. Namun melansir situs resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB), tampuk pimpinan untuk sementara menjadi milik skuat Maung Bandung.

Arema FC menambah ketat persaingan setelah berhasil mengalahkan Bhayangkara FC 1-0 di Stadion Kompyang Sujana, Bali (9/1). Dalam laga ini, gol tunggal Arema dicetak Rizky Febrianto menit 20.

Namun Singo Edan tidak lantas beranjak ke posisi pertama. Pasalnya, di laga sebelumnya Persib Bandung juga  berhasil memetik poin penuh usai mengalahkan Persita Tangerang 1-0 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Gol tunggal Maung Bandung dicetak Bruno Cunha lewat penalti. 

Arema, Persib, dan Bhayangkara sama-sama mengemas 37 poin. Sesuai regulasi, dalam situasi seperti ini, penentuan posisi seharusnya dilakukan lewat head to head tim-tim yang memiliki poin yang sama.  Aturan ini  tertuang dalam Regulasi Liga 1 2021-2022 Pasal 9 ayat 4 mengenai Sistem Kompetisi.

 

2 dari 3 halaman

Regulasi Kompetisi

Apabila terdapat dua klub atau lebih yang memiliki jumlah poin yang sama, maka penentuan peringkat ditentukan berdasarkan kriteria-kriteria dan urutan sebagai berikut:

a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama;

b) selisih gol yang lebih baik dari masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama;

c) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan hanya di antara Klub-klub terkait yang memiliki jumlah poin yang sama dengan tidak memperhitungkan keuntungan away goal.

 

3 dari 3 halaman

Selisih Gol

Aturan head to head seperti yang tertera pada poin a, tidak bisa diterapkan dalam penentuan posisi Arema, Persib, dan Bhayangkara. Ketiganya belum saling bertemu di putaran kedua ini. Dengan demikian, maka penentuan dilakukan dengan mengacu kepada poin b, yakni selisih gol. 

Dari sini, Persib pun berhak berada di urutan teratas pada pekan ke-18 dengan selisih gol 14. Sementara Arema berada di urutan kedua dengan selisih gol 12 dan Bhayangkara di posisi ketiga dengan selisih gol 11.