Sukses

Marquez Bolak-Balik Jatuh di MotoGP Mandalika 2022, Bos Repsol Honda Bakal Cecar Michelin

Marc Marquez dan Pol Espargaro sama-sama tidak mampu naik podium pada MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta Bos Repsol Honda, Alberto Puig tidak habis pikir dengan hasil buruk yang diraih kedua pembalapnya, Marc Marquez dan Pol Espargaro pada MotoGP Mandalika 2022. Pada balapan tersebut, Marquez gagal tampil akibat kecelakaan pada sesi pemanasan, sementara Pol Espargaro gagal merebut podium.

Puig seperti dilansir Motosan mengaku belum memahami sepenuhnya apa yang terjadi pada balapan itu. Namun satu pihak yang bakal diajak bicara terkait hal ini adalah produsen ban MotoGP, Michelin.

"Sejujurnya, perasaan saya sangat tidak baik," kata Puig. 

Ada dua poin kekesalan yang menimpa Puig di MotoGP Mandalika 2022. Pertama adalah mengenai kecelakaan berulang yang menimpa Marquez selama balapan dan motor yang tidak berlari kencang.

Sementara poin kedua, Puig menyoroti penurunan performa sepeda motor para pembalap bila dibandingkan dengan saat pramusim. "Saat pramusim kami sangat cepat, tapi tiba-tiba Michelin mengganti ban dan motor kami juga berubah total," ujar Puig menambahkan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Berkutik

Seperti diketahui, para pembalap Repsol Honda tidak bisa berbuat banyak di seri kedua MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022). Balapan tidak bisa diikuti oleh Marc Marquez setelah terlempar dari motornya pada sesi pemanasan. 

Marc Marquez mengalami highside saat berusaia menaklukkan tikungan ketujuh. Akibat insiden ini, Marquez terpental dan sepeda motornya mengalami kerusakan parah. Setelah menjalani pemeriksaan di rumah sakit rujukan, Marquez akhirnya tidak diizinkan mengikuti balapan pada sore harinya.

Ini menjadi kali keempat Marquez terjatuh di seri MotoGP Mandalika 2022. Sebelumnya, Marquez juga mengalami hal yang sama dengan skala minor pada Free Practice dan dua kali pada kualifikasi. 

Sementara itu, Pol Espargaro yang sempat mencatatkan lap tercepat di sesi pramusim, juga tidak mampu berbuat banyak saat balapan. Dia hanya berhasil finis di posisi ke-12. Sementara podium pertama berhasil diraih pembalap KTM, Miguel Oliveira diikuti Fabio Quartararo di urutan kedua. 

 

3 dari 4 halaman

Bicara dengan Michelin

"Kami masih belum sepenuhnya memahami apa yang terjadi dan kami harus berdiskusi mendalam dengan Michelin tentang situasi ban. Berubah dari sangat cepat sebulan lalu ke situasi yang kami alami di akhir pekan ini. Secara umum, kami tidak bisa bahagia", kata Alberto Puig menjelaskan. 

Sebelumnya, keputusan Michelin mengusung ban lawas pada MotoGP Mandalika 2022 memang sempat menuai kontra dari sejumlah pembalap, termasuk Pol Espargaro. Menurutnya, ban yang disuguhkan Michelin di MotoGP Mandalika sangat jauh berbeda dengan yang digunakan saat pramusim lalu. 

 

4 dari 4 halaman

Ban Lawas MotoGP

Namun Michelin juga punya alasan lain. Menurut Manajer Michelin Two-Wheel Motorsport, Piero Taramasso, pihaknya memilih membawa ban dengan konstruksi serupa dengan MotoGP 2018 di Thailand demi mengantisipasi suhu panas aslap di sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. 

Dari hasil evaluasi pada pramusim, ban depan dan belakang yang dipakai di Mandalika memiliki suhu yang sanga tinggi akibat trek yang panas, asplap baru, dan layout lintasan yang bertipikal cepat. "Jadi jelas bahwa kami harus menurunkan suhu ban sekitar 20 derajat, dan secara teknis satu-satunya solusinya, membawa ban yang kami gunakan di Austria dan Thailand pada 2018," katanya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.