Sukses

Arus Mudik 2022 Tolok Ukur Pandemi Covid-19 di Indonesia Berubah Jadi Endemi

Arus mudik Lebaran 2022 menjadi barometer Indonesia dari pandemi menuju endemi Covid-19. Demikian dikatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta Arus mudik Lebaran 2022 menjadi barometer Indonesia dari pandemi menuju endemi Covid-19. Demikian dikatakan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Purnawirawan Budi Gunawan.

“Mudik Lebaran ini memang akan menjadi barometer berikutnya yang akan kita evaluasi lagi untuk kebijakan selanjutnya," kata Budi Gunawan, Jumat (29/04/2022).

"Kita sangat disiplin dan cenderung konservatif, tidak euphoria meski berbagai indikator pandemi kita terus membaik,” ujarnya menambahkan.

Pemerintah memutuskan memberi lampu hijau bagi masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2022. Izin tersebut diberikan setelah melihat penurunan kasus Covid-19 dan tingginya jumlah vaksinasi di Tanah Air.

Kendati demikian, Pemerintah tetap meminta masyarakat untuk waspada. Masyarakat yang belum mendapat vaksin untuk segera vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pasalnya, potensi peningkatan kasus Covid-19 saat arus mudik Lebaran 2022 tetap ada.

“Karena itu, kita tetapkan skenario mitigasi berupa syarat vaksinasi hingga (vaksin) dosis booster bila tidak ingin tes antigen dan PCR, serta prosedur kesehatan bagi semua pelaku perjalanan,” kata Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Kerjasama

Lebih lanjut menurut Budi, perlu ada kerjasama dari seluruh pihak agar status pandemi berubah menjadi endemi. Budi juga menuturkan, pelonggaran gradual akan diterapkan pemerintah dalam proses perubahan tersebut.

"Seperti kata Presiden Jokowi, pelonggaran gradual selanjutnya bisa saja diterapkan. Namun, sekali lagi, ini semua butuh kerja sama kita semua," kata Budi.

"Mari Bersama kita lewati setiap tahapan pra kondisi transisi pandemic menuju endemic dengan cermat dan hati-hati,” ungkap mantan Wakapolri ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.