Sukses

Piala Presiden 2022 Digelar di 4 Kota, Ketua Umum PSSI Berikan Alasannya

Babak penyisihan Piala Presiden 2022 akan berlangsung di Solo, Malang, Bandung, dan Samarinda. Turnamen pramusim ini akan bergulir mulai 11 Juni hingga 17 Juli mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden kembali digelar tahun ini. Sempat vakum selama dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19, turnamen pramusim ini akan bergulir mulai 11 Juni hingga 17 Juli 2022.

Babak penyisihan Piala Presiden 2022 akan berlangsung di empat kota. Keempat kota itu adalah Solo, Malang, Bandung, dan Samarinda.

Untuk Solo, akan dimainkan di Stadion Manahan. Sedangkan Malang digelar di Stadion Kanjuruhan. Di Bandung, Stadion Gelora Bandung Lautan Api dipilih sebagai venue. Terakhir, Stadion Segiri menjadi tempat dimainkannya laga di Samarinda.

Ketua Umum PSSI PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan alasan mengapa keempat kota itu dipilih sebagai tuan rumah babak penyisihan. "Tuan rumah pertama adalah Persis Solo, di mana Pak Presiden (Joko Widodo) berasa dari Solo," katanya dalam acara konferensi Pers Piala Presiden 2022 di Senayan City, Jakarta, Senin (6/6).

Tuan rumah lainnya adalah Arema Malang dan Persib Bandung. "Kedua adalah Malang karena mereka (Arema Malang) sudah menuarai turnamen ini dua kali," papar Iriawan. "Begitu pula dengan Bandung yang sudah menjuarainya sekali."

Sedangkan Borneo FC Samarinda ditunjuk sebagai tuan rumah sebagai wujud dukungan dalam pembangunan Ibu Kota Indonesia yang baru.

"Terakhir, Samarinda. Karena, kami mendukung pembangunan Ibu Kota Negara Baru yang akan berpindah ke Kalimantan Timur," ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Disiarkan langsung Indosiar

Sebanyak 18 klub Liga 1 bakal tampil dalam Piala Presiden 2022. Direktur Programming SCM Harsiwi Achmad mengatakan sebanyak 42 pertandingan akan disiarkan langsung oleh Indosiar dan live streaming di Vidio.

"Setiap hari akan ada dua kick off, pertama pukul 16.00 WIB dan kedua 20.30 WIB," kata Harsiwi. "Seluruhnya akan disiarkan secara langsung di Indosiar dan Live Streaming Vidio."

"Bagi yang tidak sempat, tayangan ulang bisa disaksikan di O Channel juga," ucap Harsiwi menambahkan.

Indosiar bukan kali ini saja menjadi pemegang hak siar Piala Presiden. Sejak edisi pertama yang berlangsung 2015 lalu, stasiun televisi di bawah Emtek Group ini juga sudah ikut berpartisipasi.

"Indosiar memang sangat men-support acara ini. Emtek melalui Indosiar sudah sejak awal menyiarkan Piala Presiden. Setiap edisi tidak mengecewakan, selalu banyak yang menonton," ucap Harsiwi.

 

3 dari 3 halaman

Daftar pembagian grup Piala Presiden 2022

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda): Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United

Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.