Sukses

Hasil Singapore Open 2022: Tumbangkan Ahsan/Hendra, Leo/Daniel Rebut Tiket Final

Ganda putra muda Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses merebut tiket final Singapore Open 2022 usai mengalahkan seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dengan 9-21, 21-18, dan 22-20.

Liputan6.com, Jakarta - Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses melenggang ke final ganda putra Singapore Open 2022. Hasil ini diraih usai pasangan berjuluk The Babbies itu mengalahkan senior sekaligus kompatriotnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Leo/Daniel menang lewat pertandingan ketat selama 55 menit di Singapore Indoor Stadium, Sabtu (16/7) sore WIB. Pasangan ini menang rubber game 9-21, 21-18, dan 22-20 atas Ahsan/Hendra.

Unggul dari segi ranking, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sejatinya tampil cukup percaya diri di game pembuka. Pasangan berjuluk The Daddies itu mampu memimpin dengan 5–1 atas Leo/Daniel di awal pertandingan.

Ganda putra muda Indonesia tak kuasa menghentikan perolehan poin seniornya jelang interval. The Daddies mempertegas keunggulan menjadi 11–4 saat jeda set pertama.

Ahsan/Hendra kian melesat setelah interval. Sebaliknya, Leo/Daniel justru kesulitan menemukan pola permainan terbaiknya. Kesalahan demi kesalahan dari duo muda Indonesia kian memberi keuntungan bagi Ahsan/Hendra.

Ganda putra yang pernah menghuni peringkat satu dunia itu memimpin jauh dengan 16–6 atas rekan senegaranya. Tak butuh waktu lama bagi The Daddies untuk menuntaskan permainan. Game pertama pun menjadi milik Ahsan/Hendra dengan skor telak 21-9.

Leo/Daniel mencoba bangkit di game kedua. Ganda putra yang bertengger di peringkat 23 dunia itu sempat unggul dua angka di kedudukan 6-4.

Ahsan/Hendra berupaya mengejar defisit poin. Pasangan senior mampu menyamakan skor dan balik memimpin dengan 8-7. Duo ganda putra Tanah Air hanya berselisih tipis di interval set kedua. The Daddies masih unggul dengan 11-10 atas Leo/Daniel.

Drama kejar-kejaran angka terjadi selepas jeda. Skor kembar terjadi di kedudukan 13-13 dan 14-14. Laga menjadi kian menegangkan di poin-poin kritis. Leo/Daniel secara dramatis mampu mencuri kemenangan di game kedua dengan skor akhir 21–18.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Game Ketiga

The Daddies tampil dominan di awal set penentu. Ahsan/Hendra unggul 3–1 atas Leo/Daniel. Perlahan tapi pasti, ganda putra muda Indonesia mencoba mengejar ketertinggalan. The Babies pun balik memimpin dengan 4-3.

Leo/Daniel menjadi kian subur mendekati interval. Pasangan penghuni peringkat 23 dunia itu mampu menciptakan selisih lima angka dari seniornya dan menutup jeda set ketiga dengan keunggulan 11-6.

Ahsan/Hendra sanggup memperkecil jarak dengan meraih tambahan tiga poin beruntun selepas interval. Tren positif pasangan senior terus berlanjut hingga keduanya mampu menyamakan kedudukan menjadi 14-14.

Leo/Daniel dan The Daddies kejar-mengejar skor mendekati akhir game ketiga. Angka kembar terus terjadi hingga 20-20. Set penentu akhirnya menjadi milik pasangan junior dengan skor akhir 22-20.

3 dari 5 halaman

Ganda Putri

Indonesia telah merebut satu tiket ke babak final di nomor ganda putri Singapore Open 2022. Pasangan peraih gelar juara Malaysia Open 2022, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, sukses mengamankan tempat di partai puncak usai membungkam wakil Thailand.

Berlaga di Singapore Indoor Stadium pada Sabtu (16/7/2022), Apri/Fadia menang lewat pertarungan sengit rubber game dengan 19-21, 21-13, dan 21-19. atas Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul di fase delapan besar.

Apri/Fadia selanjutnya akan menghadapi perlawanan wakil Tiongkok Zhang Shu Xian/Zheng Yu. Pasangan yang berstatus sebagai unggulan kelima turnamen lolos ke partai puncak usai mengalahkan rekan senegaranya Du Yue/Li Wen Mei dengan 21-18 dan 21-18.

4 dari 5 halaman

Tunggal Putra

Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya perwakilan Tanah Air yang tersisa. Kompatriotnya, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Tommy Sugiarto terlah tersisih di babak-babak sebelumnya.

Adapun Ginting harus menghadapi perlawanan jagoan tuan rumah sekaligus peraih gelar juara dunia, Loh Kean Yew, di semifinal. Kedua pemain tercatat sudah dua kali bertemu dalam turnamen-turnamen resmi.

Melansir situs Head to Head BWF, Ginting pertama kali berjumpa dengan pemain Singapura di Indonesian Masters 2014. Kala itu, tunggal putra andalan Indonesia kalah rubber game dengan 21–17, 18–21, dan 18–21.

Pertemuan selanjutnya terjadi baru-baru ini, kala kedua pemain membela negaranya masing-masing di Thomas Cup 2022. Ginting kala itu kembali menelan kekalahan dari Loh Kean Yew lewat dua game langsung 13–21 dan 14–21.

5 dari 5 halaman

Jadwal Lengkap

Berikut adalah jadwal lengkap perjuangan wakil-wakil Indonesia di babak semifinal Singapore Open 2022 pada Sabtu (16/7/2022).

Lapangan 1:

Pertandingan ke-4: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramdhanti vs Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul (Thailand)

Pertandingan ke-5: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Pertandingan ke-7: Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Pertandingan ke-8: Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yew (Singapura)