Sukses

Pelita Jaya Tantang Satria Muda di Final IBL 2022

Satria Muda Pertamina Jakarta bertemu Pelita Jaya Bakrie pada perebutan gelar Indonesian Basketball League (IBL) 2022 usai menaklukkan lawan masing-masing di semifinal, Minggu (21/8/2022). Laga puncak bakal berlangsung 27-28 Agustus di C-Tra Arena Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Satria Muda Pertamina Jakarta bertemu Pelita Jaya Bakrie pada perebutan gelar Indonesian Basketball League (IBL) 2022 usai menaklukkan lawan masing-masing di semifinal, Minggu (21/8/2022). Laga puncak bakal berlangsung 27-28 Agustus di C-Tra Arena Bandung.

Kedua tim melangkah ke laga puncak setelah unggul 2-0 pada semifinal IBL 2022. Satria Muda memastikan kemenangan 73-54 atas Prawira Bandung. Sementara Pelita Jaya membungkam West Bandits Solo 86-71.

Sehari sebelumnya Satria Muda berjaya 85-77 dengan Pelita Jaya unggul 80-71.

Avan Seputra yang memulai laga dari bangku cadangan menjadi top skor Satria Muda pada laga kedua kontra Prawira Bandung setelah membukukan 16 poin, dengan 12 di antaranya diraih lewat tembakan tiga angka. Elijah Foster menambah 13 poin dan 9 rebound, Arki Dikania Wisnu mencetak 12 poin.

Di kubu Prawira Bandung, Yudha Saputera membukukan 17 poin dan 6 rebound, Dennis Miles Jr 16 poin, diikuti Abraham Damar Grahita dengan 9 poin, demikian catatan resmi liga.

Usai menutup babak pertama dengan keunggulan satu angka, Satria Muda sempat tertinggal pada empat menit awal kuarter ketiga. Namun setelah mengambil timeout, tim asuhan Youbel Sondakh itu langsung merebut momentu dan membalas dengan rentetan tembakan akurat untuk membalikkan keadaan dan unggul 51-45 pada kuarter ketiga.

Keunggulan tersebut berlanjut pada kuarter keempat. Satria Muda bahkan memperlebar jarak menjadi 64-53 lewat empat tembakan bebas dari Elijah Foster, yang mendapat dua kali foul dari Galank Gunawan.

Satria Muda terus mencetak angka di saat upaya tembakan para pemain Prawira kerap gagal membuahkan poin. Tripoin dari Reza Falconi menutup kuarter keempat sekaligus memastikan kemenangan Satria Muda 73-54.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan Pelita Jaya

Dior Lowhorn yang mencetak 20 poin dan 11 reboound untuk membawa Pelita Jaya mengalahkan West Bandits. Disusul Decardo Day yang mencetak 18 poin. Pemain muda Hendrick Yonga menyumbang 12 poin, Andakara Prastawa membuat 11 poin, Gio Saputro dan Yesaya Saudale yang sama-sama menghasilkan 10 poin.

Dari kubu West Bandits, Widyanta Putra Teja menjadi pencetak angka terbanyak dengan torehan 19 poin dan 8 assist. Disusul Bilal Richardson yang membuat 14 poin, dan Sameen Swint menambah dengan torehan 13 poin.

Dominasi Pelita sudah terlihat sejak kuarter pertama. Tim besutan Fictor Roring tersebut berhasil merebut keunggulan dengan skor 25-20.

Pada kuarter kedua, West Bandits berusaha untuk bangkit. Namun, Andakara Prastawa dan kawan-kawan berhasil menahan kebangkitan lawan dan menjaga keunggulan timnya dengan skor 47-42.

West Bandits banyak melakukan kesalahan di kuarter ketiga. Meski begitu, West Bandits mampu menambah empat angka di sisa satu menit sehingga hanya tertinggal 6 angka (61-67) saat kuarter ketiga ditutup.

Namun, bukannya tingkatkan permainan, West Bandits tidak mampu meredam Pelita Jaya. Terbukti, Pelita akhirnya berhasil menangkan pertandingan dengan skor telak 86-71.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Pelita Jaya Unggul?

Pelita Jaya dan Satria Muda memimpin masing-masing divisi pada musim reguler. Pada satu-satunya pertemuan di fase tersebut, Pelita Jaya unggul 69-65 atas sang juara bertahan IBL.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.