Sukses

Hasil Japan Open 2022: Ana/Tiwi Tumbang, Indonesia Kehabisan Wakil di Nomor Ganda Putri

Ganda putri bulu tangkis Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi gagal mengamankan tiket ke babak semifinal Japan Open 2022. Mereka takluk dari wakil Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong dengan 21–19, 10–21, dan 16–21 dalam pertarungan babak delapan besar di Maruzen Intec Arena, Osaka, pada Jumat (2/9/2022).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putri bulu tangkis Indonesia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi gagal mengamankan tiket ke babak semifinal Japan Open 2022.

Hasil ini diraih usai pasangan Indonesia tampil takluk dengan 21–19, 10–21, dan 16–21 dari wakil Korea Selatan Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong dalam pertarungan babak delapan besar di Maruzen Intec Arena, Osaka, pada Jumat (2/9/2022).

Ana/Tiwi tampil menjanjikan di awal game pertama. Pasangan yang menghuni peringkat 42 dunia itu memimpin tiga angka dengan 7–4. Keduanya sanggup mempertahankan keunggulan menjadi 11–8 di interval set pembuka.

Wakil Indonesia mencoba menjaga level performanya selepas jeda. Namun, sejumlah unforced errors dari kubu Ana/Tiwi sempat memberi angin segar bagi wakil Korea Selatan untuk menyamakan kedudukan.

Jeong/Kim mulai aktif melancarkan serangan. Ganda putri asal Negeri Ginseng kerap melepas sambaran keras di depan net yang sulit diantisipasi oleh penggawa Merah Putih. Ana/Tiwi menjadi hanya unggul dua angka di kedudukan 16–14.

Duo Korea Selatan masih berupaya mengikis ketertinggalan hingga memasuki poin-poin kritis. Mereka mampu menempel perolehan skor pasangan Indonesia dengan 20–19. Beruntung situasi ini mampu diatasi oleh Ana/Tiwi. Wakil Tanah Air menang dengan 21–19.

Jeong/Kim memberi perlawanan solid di awal game kedua. Pasangan Indonesia dibuat tertinggal empat poin dengan 2–6. Kesalahan sendiri oleh Ana/Tiwi membuat penggawa Merah Putih kian berada di posisi minor jelang interval.

Pengamatan yang tidak akurat serta rotasi lapangan kurang sempurna juga turut berkontribusi menjauhkan kedudukan wakil Indonesia dari pasangan Korea Selatan. Ana/Tiwi mau tak mau tunduk 3–11 saat jeda.

Ganda putri Tanah Air belum mampu mematahkan dominasi Jeong/Kim pasca interval. Mereka tertinggal delapan angka dalam kedudukan 5–13. Tren ini terus berlanjut hingga poin-poin kritis. Set kedua gagal menjadi milik Ana/Tiwi dengan skor akhir 10–21.

2 dari 4 halaman

Game Penentu

Laga sengit tersaji di awal game penentu. Ana/Tiwi dan Jeong/Kim terlibat drama kejar-kejaran skor. Ganda putri Indonesia tertinggal satu angka dalam kedudukan 6–7. Namun, situasi ini mampu dinetralisir duo Tanah Air.

Ana/Tiwi sukses menyamakan kedudukan dan berbalik unggul 9–8 jelang interval. Sayang situasi ini tak bertahan lama. Jeong/Kim mampu meraih tambahan tiga angka beruntun, yang membuat wakil Merah Putih kembali berada di posisi minor saat jeda.

Sempat memimpin satu angka dengan 13–12, Ana/Tiwi lagi-lagi tertinggal jelang poin-poin kritis. Pasangan Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan lawan usai takluk 16–21 di game penentu.

3 dari 4 halaman

Wakil Lain

Selain Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Chaya Pratiwi, Indonesia masih memiliki satu penggawa lain dari nomor tunggal putra yang akan berlaga di fase delapan besar demi memperebutkan tiket menuju babak semifinal Japan Open edisi ini.

Juara Malaysia Masters 2022 Chico Aura Dwi Wardoyo bakal ditantang pebulu tangkis tuan rumah Kenta Nishimoto. Tunggal putra asal Negeri Sakura itu sebelumnya sanggup mematahkan perlawanan Jonatan Christie di pertandingan putaran kedua.

Dari nomor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung juga menjadi wakil semata wayang Indonesia di perempat final. Gregoria gagal melaju ke empat besar usai diadang unggulan Tiongkok Chen Yu Fei dengan dua game langsung 17–21, 6–21.

Adapun ganda putri andalan Apriyan Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga harus takluk di perempat final. Mereka kalah dari juara dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan lewat drama sengit tiga game 26–24, 16–21, dan 14–21.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 2 September 2022

Lapangan 1

Pertandingan 2: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China)

Lapangan 2

Pertandingan 4: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Jeong Na-eun/Kim Hye-Jeong (Korea Selatan)

Pertandingan 6: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Kenta Nishimoto (Jepang)

Lapangan 3

Pertandingan 3: Gregoria Mariska Tunjung vs Chen Yu Fei (China)

Pertandingan 6: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Liang Wei Keng/Wang Chang (China)

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 08.00 WIB