Sukses

SMA Bukit Sion dan SMA 1 BPK Penabur Juara DBL 2022 Jakarta Barat

DBL Jakarta Series 2022 telah menyelesaikan kejuaraan di regional Jakarta Barat. Bukit Sion dan BPK Penabur menjadi juara.

Liputan6.com, Jakarta- Liga basket pelajar terbesar di Indonesia, DBL telah menyelesaikan tahap pertama seri Jakarta yakni regional Jakarta Barat. Di sektor putra, SMA Bukit Sion kembali menjadi yang terbaik di Jakarta Barat.

Pada laga final DBL Jakarta Regional Jakbar di GOR Grogol, pada Jumat (2/9/2022), Bukit Sion mendapat perlawanan sengit dari SMA Dian Harapan Jakarta. Buksi (julukan Bukit Sion) akhirnya menutup laga dengan skor 58-41.

Ini menjadi gelar champion West Region untuk kali ketiga bagi Buksi. Mereka sebelumnya selalu menjadi raja Jakarta Barat pada edisi 2018 dan 2019..

Sementara di sektor putri, lahir juara baru di regional Jakbar yakni SMA 1 Penabur Jakarta. Di final, tim berjuluk Kriza ini menang tipis atas SMA Kristoforus 1 Jakarta dengan skor 46-43.

Final DBL Jakarta West Region dibuka dengan duel tim putri. Sejak tip-off hingga detik-detik akhir, skor berlngsung ketat hingga susah menebak siapa yang bakal keluar sebagai juara. Jika Kristo 1 (julukan SMA Kristoforus 1) tidak membuat foul yang berbuah dua tembakan gratis yang berhasil dieksekusi oleh Kriza, skor akhir mungkin hanya terpaut satu bola.

Kriza yang sempat memimpin di awal kuarter harus menerima pukulan balik dari Kristo 1 di kuarter berikutnya. Hasilnya, keunggulan di kuarter ketiga adalah milik Kristo 1. Namun, Kriza kembali di atas angin kala dua poin dari Audrey Sutrisno berhasil menyamakan kedudukan. Disusul dengan dua poin lagi dari Jennifer Coliin, Kriza menang atas Kristo 1 di laga itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Pemain

Kekalahan di tubuh Kristo 1 sendiri memang pukulan telak untuk mereka. Tapi, srikandi Kristo 1 sendiri telah menunjukkan permainan yang impresif. Rica Fransisca dan Kezia Sabrina misalnya. Dua pemain kunci Kristo 1 itu kerap kali menggetarkan lini pertahanan Kriza.

Dua pentolan Kristo 1 itu berhasil meraih dua digit poin. Rica dengan 14 poin dan 4 rebound, serta Kezia yang nyaris double-double dengan 11 poin dan 9 rebound. Kriza sendiri juga mempunyai pemain yang berhasil mencetak dua angka.

Joanne Herslin Lee, kapten Kriza menuturkan ketertinggalan mereka sejak kuarter ketiga menjadi ancaman besar bagi titel juara yang hendak mereka raih. Lebih lanjut, Joanne menyampaikan kepada rekan-rekan satu timnya untuk bermain lebih tenang karena pertandingan belum selesai.

"Aku bilang sama temen-temenku kalau kita harus bermain lebih tenang lagi karena waktu pertandingan belum usai," tutur Joanne.

3 dari 3 halaman

Lolos ke Championship Series

Tim putri SMA 1 Penabur (champion) dan SMA Kristoforus 1 (runner-up), serta tim putra SMA Bukit Sion (champion) dan SMA Dian Harapan (runner-up)akan mewakili Jakarta Barat yang akan bersaing dengan finalis dari tiga region lainnya pada babak puncak Championship Series Seri Ibu Kota di GOR Soemantri, 11-19 November mendatang.

Setelah selesai West Region, Honda DBL with KFC 2022 Seri Ibu Kota akan berlanjut ke North Region (Jakarta Utara & Pusat) di GOR Cempaka Putih, 16-23 September mendatang. Lalu menyusul South Region (Jakarta Selatan) di GOR Bulungan, 5-13 Oktober, dan ditutup oleh East Region (Jakarta Timur) di GOR Rawamangun pada 20-28 Oktober mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.