Sukses

Jadwal Lengkap Timnas Australia di Piala Dunia 2022

Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai tim ke-31. Mereka akan bergabung di Grup D bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Tunisia yang akan dimulai 21 November hingga 18 Desember nanti.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Australia resmi lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dan menjadi satu-satunya negara yang berada di bawah otoritas AFF atau ASEAN yang lolos ke Piala Dunia 2022.

Pertama kalinya, FIFA menggelar Piala Dunia akan berlangsung di Timur Tengah. Sebanyak 32 tim telah memastikan tempat di Piala Dunia edisi-22 ini. FIFA juga telah melakukan undian grup pada April lalu sehingga telah dibagi ke dalam 8 grup.

Timnas Australia berhasil merebut tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 usai menang adu penalti atas Peru dalam play-off antar zona  di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Qatar, Selasa dinihari WIB, 14 Juni 2022.

Martin Boyle, yang jadi penendang pertama Australia, gagal mencetak gol. Namun, empat penendang Soceroos berikutnya mampu menjebol gawang lawan.

Di kubu Timnas Peru, penendang ketiga, Luis Advincula, gagal mencetak gol karena tendangannya membentur gawang. Sedangkan penendang terakhir, Alex Valera, dibendung kiper pengganti Australia, Andrew Redmayne.

Redmayne langsung menari-nari seusai penyelamatan pentung itu. Menariknya, da baru masuk tiga menit sebelum laga berakhir dan langsung menjadi pahlawan.

Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai tim ke-31. Mereka akan bergabung di Grup D bersama juara bertahan Prancis, Denmark, dan Tunisia yang akan dimulai 21 November hingga 18 Desember nanti.

“Saya sangat bangga dengan para pemain,” kata pelatih Australia Graham Arnold gembira usai pertandingan.

“Benar-benar tidak ada yang tahu apa yang telah dilalui anak-anak ini untuk sampai ke sini, itu sangat sulit, seluruh kampanye yang kami lalui. Cara mereka bertahan, cara mereka berkomitmen, brilian.”ujarnya lagi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Australia di Piala Dunia

Keberhasilan Australia ini merupakan capaian keenam setelah terakhir tampil di pesta terakbar sepak bola dunia ini pada 2018.

Sejauh ini, prestasi terbaik Socceroos hanya sampai fase 16 besar yang mereka raih pada Piala Dunia di Jerman, 16 tahun silam.

Setelah itu, langkah Australia selalu terhenti di fase grup. Mereka finis di urutan tiga Grup D Piala Dunia 2010, juru kunci Grup B di Brasil dan juga Grup C di Rusia.

Piala Dunia 2022 juga mengingatkan Australia pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Saat itu di fase grup, Australia juga tergabung dengan Prancis dan Denmark, juga Peru.

Mereka gagal meraih kemenangan, dan hanya memetik sekali imbang dan 2 kali kalah hingga akhirnya finis di posisi buncit.

3 dari 4 halaman

Pembagian Grup Piala Dunia 2022

Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales

Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, Polandia

Grup D: Prancis, Australia, Denmark, Tunisia

Grup E: Spanyol, Kosta Rika, Jerman, Jepang

Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, Kroasia

Grup G: Brazil, Serbia, Swiss, Kamerun

Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, Korea Selatan

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Rabu, 23 November 2022

02.00 WIB: Australia vs Prancis di Al-Wakrah Stadium

Sabtu, 26 November 2022

17.00 WIB: Australia vs Tunisia di Al-Wakrah Stadium

Rabu, 30 November 2022

22.00 WIB: Australia vs Denmark di Al-Wakrah Stadium

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini