Sukses

Ukuran Tinggi Gawang Standar Nasional dan Internasional di Sepak Bola

Bidang olahraga yang paling banyak diminati adalah sepak bola. Berikut penjelasan soal tinggi gawang standar nasional dan internasional.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak digemari. Mulai dari kalangan muda hingga dewasa tertarik mengetahui informasi seputar olahraga favorit satu ini.

Pencinta sepak bola perlu mengetahui aturan dan ketentuan yang berlaku untuk mengenal lebih jauh mengenai olahraga yang menggunakan kemampuan mengolah si kulit bundar.

Induk organisasi sepak bola internasional yaitu FIFA telah mengatur segala peraturan demi kelancaran pertandingan sepak bola.

Apakah kamu tahu ukuran tinggi gawang sepak bola juga memiliki standar nasional dan internasional? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ukuran tinggi gawang sepak bola memiliki ketentuan khusus yang telah diatur secara standar nasional dan internasional. Posisi gawang berada di bagian tengah kedua ujung lapangan yang berbentuk persegi empat  dengan lebar 7.32 meter. 

Ukuran tinggi gawang standar nasional dan internasional adalah 2,44 meter. Gawang memiliki tiang dengan tinggi 2,44 meter, umumnya berbentuk tabung dengan diameter 12 cm dan berwarna putih.

Tak hanya itu, lapangan sepak bola memiliki ukuran standar internasional berdasarkan ketentuan FIFA. Ukuran lapangan sepak bola internasional memiliki panjang berkisar antara 100-110 meter dengan lebar 64-75 meter untuk pertandingan dewasa.

Sedangkan, di level nasional, PSSI menetapkan ukuran lapangan yang umum digunakan pada pertandingan dalam negeri. Ukuran tersebut sebenarnya sejalan dengan ketentuan FIFA, meskipun sedikit lebih kecil dibanding lapangan khusus pertandingan internasional.

Standar ukuran lapangan sepak bola sesuai ketentuan PSSI harus memiliki panjang 90 meter dan lebar 45 meter sampai 90 meter. Kotak kiper memiliki panjang 18,30 meter dan lebar 5,5 meter.

Selain itu, ada arena di depan gawang yaitu kotak penalti yang berjarak 11 meter dari garis gawang. Dilansir melalui perpustakaan.id, ukuran kotak penalti memiliki panjang 40,3 meter dan lebar 16,5 meter. Area ini menjadi batas bagi kiper untuk menangkap bola dengan tangan dan menentukan kapan sebuah pelanggaran mendapatkan hadiah tendangan penalti atau tidaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aturan Pemain Sepak Bola

Menurut Encyclopedia Britannica (2015), sepak bola adalah jenis olahraga yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu memiliki 11 anggota dan berusaha untuk memasukan bola ke arah gawang lawan.

Dilansir melalui eModul Pendidikan Kesetaraan Tim Kesebelasan Sepak Bola, setiap pemain terkecuali kiper diizinkan untuk berganti posisi selama pertandingan berlangsung. Namun, posisi bek, gelandang atau penyerang boleh menjadi kiper apabila kiper terkena kartu merah dan tidak memiliki cadangan.

Terdapat ketentuan untuk pergantian pemain, yaitu pergantian maksimal pada pertandingan internasional hanya diperbolehkan maksimal 2 kali atas sepengetahuan wasit. Akan tetapi, untuk pertandingan di liga umumnya diperbolehkan hingga 5 kali ganti pemain.

Selama pertandingan berlangsung, pemain yang sudah diganti tidak boleh bermain lagi. Seorang kiper juga tidak diizinkan memegang bola dengan tangan atau lengan saat berada di luar kotak penalti.

3 dari 4 halaman

Durasi Permainan Sepak Bola

Durasi permainan normal sepak bola adalah 2 x 45 menit, ditambah jeda istirahat selama 15 menit di antara kedua babak. Jika kedudukannya seri, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2 x 15 menit, hingga salah satu tim berhasil mencetak gol.

Namun, jika masih seri juga maka perlu diadakan adu penalti. Tendangan penalti juga bisa dilakukan ketika didapati pemain yang sedang bertahan melakukan pelanggaran di wilayah penjaga gawang.

Seorang pemain yang berhasil mencetak gol ke arah gawang lawan, akan dinyatakan sah jika bola berhasil masuk dan melewati garis gawang. Selain itu, keputusan sah atau tidaknya sebuah gol dapat ditentukan oleh wasit.

Setelah mengetahui durasi permainan sepak bola, perlu juga diketahui bahwa kickoff dilakukan untuk memulai sebuah pertandingan pada setiap babak atau setelah terjadinya gol.

4 dari 4 halaman

Peran Pemimpin Pertandingan Sepak Bola

Wasit merupakan pengadil lapangan yang sangat penting dalam pengertian sepak bola. Dalam pertandingan professional, terdapat 4 petugas yang memimpi jalannya pertandingan, yakni wasit, 2 hakim garis dan seorang petugas di pinggir tengah lapangan.

Wasit akan meniup peluit untuk menandakan apakah permainan dimulai atau diberhentikan. Selain itu, ia bertugas untuk memberikan hukuman dan peringatan atas pelanggaran yang terjadi.

Sedangkan, hakim garis berperan untuk mengawasi setengah bagian dari lapangan. Mereka membawa bendera warna terang untuk menandakan jika adanya pelanggaran, bola keluar ataupun offside.

Petugas pinggir tengah lapangan memiliki tugas untuk mencatat semua waktu yang sempat terhenti selama pertandingan berlangsung. Dia juga memberikan informasi terkait tambahan waktu di akhir babak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.