Sukses

Rapor Atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022, Sudah Kantongi 3 Emas

Indonesia siap menggelar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022. Ajang berlangsung 24-26 September di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia siap menggelar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022. Ajang berlangsung 24-26 September di Jakarta.

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 menghadirkan 13 turnamen di 12 lokasi berbeda. Indonesia menjadi tuan rumah edisi ke-12. Sementara ajang penutup berlangsung di Morioka-Iwate, Jepang, pada 20-22 Oktober.

Pada klasemen medali, Indonesia menduduki peringkat terhormat di urutan enam. Atlet-atlet Tanah Air mengoleksi tiga emas, satu perak dan lima perunggu. Amerika Serikat berada di puncak dengan raihan 10 emas, tujuh perak, dan 10 perunggu.

Veddriq Leonardo mempersembahkan dua emas hasil kompetisi di Seoul dan Salt Lake City II yang berlangsung Mei. Sementara emas lain disumbang Kiromal Katibin di Salt Lake City I. Kedua atlet Indonesia itu berjaya di nomor speed.

Perak diraih Kiromal Katibin (Seoul), dengan perunggu dipetik Rahmad Adi Mulyono (Seoul), Veddriq Leonardo (Salt Lake City), Desak Made Rita Kusuma Dewi (Villars, Chamonix), dan Aspar (Chamonix). Seluruh capaian tersebut juga dicatat di nomor speed.

Kini Veddriq Leonardo dan kawan-kawan berambisi menambah koleksi medali saat tampil di hadapan pendukung sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi Raja di Rumah Sendiri

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta mempertandingkan dua nomor: speed dan lead. Speed mengutamakan kecepatan sedangkan lead lebih mengedepankan teknik dalam melahap arena panjat tebing yang nanti akan dilombakan.

Selain menjadi tuan rumah, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid berharap Indonesia mampu menjadi raja di rumah sendiri lantaran track record atlet Indonesia di turnamen dunia cukup menjanjikan.

Oleh karena itu, Yenny mengajak seluruh warga Indonesia untuk hadir dan menyaksikan ajang bergensi turnamen panjat tebing dunia ini. Dia berharap dukungan maksimal untuk para atlet nasional Indonesia yang akan berjuang pada turnamen kali ini.

Tentunya, lanjut Yenny, kehadiran suporter akan menjadi tambahan tenaga untuk para atlet agak mampu memberikan hasil terbaik untuk Indonesia.

"Cara nonton gratis, tinggal datang. Namun jangan lupa sudah vaksin boster dan mengikuti standar pencegahan dan penularan Covid 19," kata Yenny.

3 dari 3 halaman

Temui Anies

Yenny Wahid meminta tips kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 berlangsung sukses. Dia mengungkapkan, salah satu tips yang diberikan Anies adalah kerja keras.

"Saya ke sini terinspirasi dari keberhasilan Formula E kemarin, mau minta tips-tips dari Pak Gubernur bagaimana supaya bisa berhasil," kata Yenny Wahid di Balai Kota Jakarta, Senin (19/9/2022).

Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2022 berlangsung 24-26 September. Kompetisi ini diikuti sekitar 200 atlet dari 17 negara dengan Jakarta menjadi tuan rumah untuk pertama kali.

Indonesia menurunkan 42 atlet pada ajang yang berlangsung di Lot 16-17 SCBD, Jakarta Selatan, tersebut. Pada tanggal sama dengan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing juga berlangsung festival musik di GBK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.