Sukses

Indonesia International Challenge 2022: Putri KW Lolos ke Babak 16 Besar

Tungga putri Indonesia Putri Kusuma Wardani lolos ke babak 16 besar Mansion Sport Malang Indonesia International Challenge 2022. Putri KW setelah mengalahkan Lee Se Yeon asal Korea Selatan 21-7 dan 21-13 di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/10).

Liputan6.com, Malang - Putri Kusuma Wardani memulai perjuangannya dalam turnamen bulu tangkis Mansion Sport Malang Indonesia International Challenge 2022 dengan hasil positif. Tampil solid dan mampu mengeluarkan kemampuan terbaik, tunggal putri Indonesia itul lolos ke babak kedua.

Tiket babak 16 besar didapat Putri KW setelah mengalahkan Lee Se Yeon asal Korea Selatan di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/10). Unggulan pertama ini menang 21-7 dan 21-13.

"Senang bisa menang, apalagi papa juga ikut menonton langsung dari tribun. Tadi saya main penuh semangat dan tidak mau mengecewakan para pendukung dan papa yang jauh-jauh datang mendukung saya," kata Putri KW usai pertandingan seperti dikutip dari rilis PP PBSI.

Dalam pertandingan, Putri KW menyebut sangat fokus dan tak mau lengah, apalagi memandang remeh lawan. Dia sadar bahwa lawan adalah salah satu andalan Korea untuk saat ini.

"Dia juga pemain terbaik, makanya saya pun harus tampil maksimal dan mengeluarkan semua kemampuan terbaik. Saya tidak boleh lengah. Kemenangan ini pun bisa menjadi modal saya untuk menghadapi partai berikut," ucap Putri KW.

Dengan hasil positif di babak perdana turnamen badminton berhadiah total US$ 15.000, rekor kemenangan Putri KW atas Lee Se Yeon menjadi 2-1. Sebelumnya, dia menang pada final Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Selangor, Malaysia, dengan 21-10 dan 21-18. Sementara kekalahan diderita pada penyisihan grup kejuaraan serupa dengan 16-21 dan 19-21.

Kemenangan juga diukir Ruzana. Pemain penghuni Pelatnas Cipayung ini maju ke babak kedua setelah menang 21-16 dan 21-15 atas Pornpicha Choeikeewong dari Thailand.

Sementara hasil mengecewakan didapat Bilqis Prasista. Sudah memimpin 18-14 di gim penentuan, dia malah gagal memenangi pertandingan. Karena main terburu-buru, Bilqis kalah 21-19, 14-21, dan 21-23 dari Chen Lu asal China.

"Saya tadi mainnya buru-buru. Saat unggul 18-14, karena kurang tenang, servis saya nyangkut. Dan setelah itu, fokus saya buyar. Mainnya mau buru-buru menyelesaikan pertandingan dan akhirnya malah kalah," aku Bilqis kecewa.

Hasil negatif juga ditunjukkan Komang Ayu Cahya Dewi yang menyerah di tangan Jeon Jui asal Korea Selatan 8-21 dan 16-21. Rekannya, Siti Sarah Azzahra juga dihentikan wakil Negeri Ginseng lainnya, Kim Joo Eun, 14-21 dan 17-21.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganda putri

Di ganda putri, Nita Violina Marwah/Tryola Nadia lolos ke babak kedua Indonesia International Challenge 2022. Pasangan Indonesia ini menundukkan Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto asal Jepang 21-17, 18-21, dan 21-17 di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/10).

"Dari sisi permainan, meski lawan adalah pasangan baru, saya pernah bertanding lawan Ayako Sakuramoto dengan partner berbeda. Jadi paling tidak sudah tahu bagaimana permainan lawan. Syukurlah kami bisa menang, walau harus lewat laga tiga gim," kata Nita usai pertandingan.

"Tadi di gim kedua, kita malah tertekan dan tidak bisa keluar dari tekanan. Itu yang membuat kami kalah. Tapi kami tetap yakin bisa mengatasinya di gim ketiga," timpal Ola.

Menurut Nita, berbekal keyakinan dan penampilan yang makin solid, komunikasi semakin lancar, serta rotasi lebih baik lagi, mereka bisa kembali bermain lebih kompak di gim ketiga. "Di gim ketiga, kami makin percaya diri. Bermain lebih fokus dan saling berkomunikasi di lapangan. Saya hanya lebih banyak mengingatkan Ola pada hal-hal nonteknis saja," ujar Nita.

Secara keseluruhan, penampilan di Malang ini dinilainya lebih baik dibanding saat tampil di Vietnam Terbuka, dua pekan lalu. "Secara umum, performa dan kekompakan kami kini terasa lebih baik lagi, lebih solid lagi," ujar Nita.

Sayang, keberhasilan Nita/Ola tidak diikuti juniornya, Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa. Pasangan ini takluk lewat laga tiga gim dari wakil Thailand Sarochin Palaiphoon/Methika Puthawilai 21-17, 16-21, dan 19-21.

 

3 dari 3 halaman

Tunggal putra

Syabda Perkasa Belawa terus menjaga asa dengan melaju ke babak ketiga tIndonesia International Challenge 2022. Pebulutangkis tunggal putra Indonesia itu tidak terpengaruh dengan hasil negatif rekannya sesama penghuni Pelatnas Cipayung.

Bertansinf di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Rabu (12/10), Syabda bermain solid. Menghadapi Cheam June Wei asal Malaysia, dia menang lewat pertarungan tiga gim 21-16, 17-21 dan 21-7 atas unggulan keempat tersebut.

"Setelah menang di gim pertama, dan kalah di gim kedua, di gim ketiga saya kembali fokus ke permainan saya sendiri. Ingin menerapkan strategi seperti di gim awal, yaitu tidak memberi kesempatan lawan untuk menekan lebih dulu. Saya pun bisa mengontrol permainan depan dan menghindari lawan menyerang. Ternyata berhasil," kata Syabda.

Selain Syabda, Bobby Setiabudi dan Tegar Sulistio juga terus melaju. Bobby mengatasi perlawanan Woraphop Chuenkha asal Thailand 21-14 dan 21-11. Sementara Tegar menjungkalkan unggulan ke-16 asal Malaysia Lim Chong King 21-12 dan 21-8.

Sayang kemenangan Syabda tidak diikuti rekan-rekannya. Alvi Wijaya Chairullah takluk dari Sun Fei Xiang asal China 21-11, 16-21, dan 11-21.

Sedangkan Christian Adinata, unggulan ke-12, kalah di tangan Lee Shun Yang asal Malaysia dengan 13-21 dan 9-21. Sehari sebelumnya, Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay juga sudah tersisih di babak pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini