Sukses

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Yuk Kenalan dengan Kuliner Khas Qatar yang Menggoyang Lidah

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar juga merupakan negara yang terkenal akan kulinernya. Berikut ini ragam kuliner khas Qatar yang menggoyang lidah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia 2022, Qatar langsung menjadi negara yang begitu disorot khalayak ramai. Mulai dari budaya hingga aturan-aturan yang berlaku di sana, termasuk kuliner khasnya. Pasalnya, akan ada banyak wisatawan dari seluruh dunia yang berkunjung ke Qatar untuk menyaksikan pesta sepak bola empat tahunan.

Qatar menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang merupakan produsen minyak terbesar di dunia. Maka tidak heran, Qatar menjadi negara yang kaya.

Walaupun sebagai penghasil minyak, Qatar juga memiliki berbagai tempat wisata menarik dan tidak kalah untuk dikunjungi. Belum lagi, kulinernya yang menggugah selera.

Kuliner khas Qatar dominan menggunakan bahan rempah-rempah pilihan, sama seperti India atau Iran. Makanan asal Qatar banyak berbahan dasar beras, daging, dan sayuran.

Nah, agar Anda tidak penasaran jelang Piala Dunia 2022, yuk kenalan dengan kuliner khas Qatar yang menggoyang lidah berikut ini:

1. Machboos

Machboos atau dikenal dengan nama lainnya Kabsa merupakan sajian nasi yang dicampur dengan berbagai rempah. Biasanya, machboos dimasak bersamaan dengan seluruh daging.

Daging yang digunakan terdiri dari daging domba, sapi, kambing, ayam, udang dan kentang. Di Timur Tengah sendiri makanan yang satu ini menjadi hidangan lezat yang sangat terkenal.

Beberapa restoran menyajikan machboos dengan campuran air mawar dan lemon. Hal ini dilakukan agar rasa yang diberikan semakin kuat dan nendang di lidah. Machboos terkenal dengan rasanya yang gurih, manis dan pedas.

2 dari 4 halaman

2. Luqaimat

Kuliner yang satu ini sangat cocok disantap oleh pecinta makanan manis. Luqaimat merupakan makanan penutup yang terbuat dari adonan roti berbentuk bulat-bulat kecil. Makanan ini diolah dengan cara digoreng.

Luqaimat umumnya disajikan dengan siraman sirup gula atau madu yang membuat rasanya menjadi manis gurih. Luqaimat berasal dari bahasa Arab, artinya ukuran gigitan memiliki rasa lembut di dalam dan renyah di luar. Bentuknya yang imut dan rasanya yang manis, tentu akan membuat ketagihan. Kuliner satu ini juga selalu ada di setiap Bulan Ramadhan di Qatar.

3. Balaleet

Balaleet terbuat dari telur dadar dan mie. Balaleet memakai mie bening dan tipis yang digoreng. Di Indonesia, balaleet disebut juga mie bihun goreng. Makanan ini dimasak menggunakan kayu manis, kapulaga, gula, dan saffron. Tambahan balaleet yaitu telur dadar sebagai topping.

3 dari 4 halaman

4. Thareed

Thareed atau lasagna Arab ini terbuat dari roti yang dimasak dengan campuran sayur, domba, dan saus tomat. Setelah matang, bahan tersebut ditaruh diatas roti regag tipis. Roti ini hampir mirip mirip crepe, sebagai pengganti nasi.

5. Harees

Kuliner yang satu ini menjadi makanan utama selama bulan puasa Ramadhan, hari raya, dan hari besar lainnya di Qatar. Bentuknya yang seperti bubur, membuatnya lembut dan lezat di lidah. Harees terbuat dari tepung terigu, mentega dan dicampurkan dengan daging ayam atau daging kambing dan bisa keduanya.

Selain di Qatar, harees juga cukup terkenal di beberapa negara di Timur Tengah. Penyajian Harees cukup unik. Pasalnya, kayu manis dan kapulaga disajikan bersamaan dengan makanan ini sehingga aromanya sangat khas.

6. Madrooba

Madrooba merupakan bubur khas Qatar yang terbuat dari ayam rebus, daging, rempah-rempah, dan pasta tomat. Selama dua jam, bahan-bahan tersebut direbus kemudian ditumbuk sampai halus.

Madrooba memiliki arti ditumbuk atau dipukul. Biasanya, madrooba disajikan dengan susu, mentega, dan kapulaga sebagai bumbu.

 

4 dari 4 halaman

7. Kousa Mashi

Kousa Mashi terbuat dari zukini berisi daging kambing dan taburan daun mint yang dipanggang. Selain rasanya unik, kausa mashi juga memiliki aroma khas yang bisa menggugah selera.

8. Saloona

Saloona merupakan hidangan dari daging pedas yang dimasak dengan tomat, kentang, wortel, dan terong. Kuliner satu ini cocok untuk para pecinta makanan pedas. Saloona bisa dinikmati dengan atau tanpa nasi yang kian melengkapi kelezatannya.

9. Margoog

Margoog terbuat dari campuran kentang, daging, terong, tomat, labu zucchini, dan wortel. Selain sayuran, Margoog memakai daging domba atau ayam. Biasanya margoog ditambahkan dengan roti mentah di dalamnya. Ada bumbu rempah-rempah yang direbus dengan menambah rasa

10. Umm Ali

Umm Ali aslinya merupakan makanan pencuci mulut dari Mesir. Namun, kuliner satu ini juga terkenal di Qatar karena rasanya yang gurih dan manis.

Umm Ali memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut seperti pastry. Makanan ini terrbuat dari gula, susu, kayu manis, dan kacang. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur ke dalam roti.