Sukses

Kejuaraan Dunia Junior 2022: Indonesia Lumat Latvia 5-0

Tim Indonesia mengalahkan Latvia 5-0 pada laga perdana Kejuaraan Dunia Junior 2022. Selanjutnya, Garuda Muda akan menghadapi Swedia.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis Indonesia melalui laga perdana Kejuaraan Dunia Junior 2022 dengan meyakinkan. Garuda Muda menang 5-0 atas Latvia.

Menurunkan tim inti dalam laga yang dimainkan di Palacio de Deportes de Santander, Spanyol, Senin (17/10), itu Indonesia tidak menemukan kesulitan berarti. Alwi Farhan dan kolega begitu nyaman untuk meraih angka demi angka.

Sapu bersih kemenangan Indonesia dibuka Rafli Ramanda/Az-Zahra Putri Dania. Pasangan ganda ini menang atas Edzus Meirans/Annija Rulle-Titava 21-8 dan 21-3.

"Tadi pertama kali turun jadi ada tegang di gim pertama. Tetapi di gim kedua kami sudah bisa mengatasinya. Permainan juga lebih baik," kata Dania usai pertandingan seperti dikutip dari rilis PBSI..

"Senang bisa main di partai pertama dan menyumbang angka untuk Indonesia. Untuk selanjutnya kami harus lebih bisa menguasai lapangan lagi terutama dengan kondisi lampunya yang silau. Untuk arah angin dan shuttlecock tidak ada masalah, semua ok," sambung Rafli.

Indonesia memperbesar keunggulan atas Latvia lewat wakil tunggal putra Alwi Farhan pada partai kedua. Alwi mengatasi perlawanan Toms Sala 21-4, 21-13.

"Alhamdulillah bisa menyumbang poin kedua untuk Indonesia. Di gim pertama permainan saya sudah enak. Dari sisi lapangan pun menguntungkan," ucap Alwi.

"Di gim kedua sisi lapangannya silau jadi saya tadi masih mencari-cari cara untuk mengatasinya. Lawan juga kan masih di bawah saya levelnya jadi tadi pelatih menginstruksikan saya untuk lebih memantapkan pukulan dan pola permainan," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemenangan lainnya

Ester Nurumi Tri Wardoyo yang turun di partai ketiga akhirnya memastikan kemenangan tim Indonesia. Ester mengalahkan Anna Kupca 21-6 dan 21-11.

"Secara garis besar permainan saya hari ini sudah baik. Saya juga sudah merasa dapat hawa pertandingannya. Puji Tuhan bisa memastikan kemenangan Indonesia," tutur Ester.

"Hanya tadi di gim kedua sisi lapangannya silau dan saya agak terganggu dengan itu. Kalau besok diturunkan lagi harus lebih fokus. Selain itu, saya harus menambah kecepatan kaki saya," lanjut atlet kelahiran Jayapura, 26 Agustus 2005 itu.

Setelahnya, Indonesia menambah dua kemenangan lagi melalui ganda putra Daniel Edgar Marvino/Raymond Indra dan ganda putri Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

Daniel/Raymond menang 21-4 dan 21-5 atas Edzus Meirans/Rihards Zugs. Sementara Rachel/Trias mengungguli Anna Kupca/Annija Rulle-Titava 21-5 dan 21-6.

 

3 dari 3 halaman

Jadi modal

Kemenangan sempurna ini langsung disyukuri manajer tim Eddy Prayitno. Dia mengatakan ini adalah modal menuju laga-laga selanjutnya.

Eddy juga berpesan kepada tim untuk tetap fokus dan tidak terlalu terlena dengan hasil ini. "Kemenangan ini memang sesuai yang kami harapkan. Ini menjadi modal bagus untuk menatap laga-laga selanjutnya," katanya.

"Tapi, kami tidak boleh terlalu terlena dengan hasil ini. Masih ada laga berat besok dan seterusnya untuk dijalani. Sekarang mari fokus untuk lawan Swedia Selasa (18/10)," tegas Eddy.

Disinggung mengenai susunan pemain melawan Swedia, Eddy mengaku belum bisa berkomentar. "Rotasi tim mungkin saja terjadi tapi masih menunggu hasil rapat dengan pelatih-pelatih nanti malam," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini