Sukses

5 Negara Jagoan Lionel Messi di Piala Dunia 2022, Inggris Termasuk

Lionel Messi menyebutkan setidaknya ada lima tim unggulan di Piala Dunia 2022. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta Pemain andalan Timnas Argentina, Lionel Messi memiliki pandangan tersendiri terhadap tim yang menjadi pesaing berat ataupun ancaman untuk La Albileceste (julukan Timnas Argentina). Menurut Messi setidaknya ada lima negara yang paling berpeluang menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar.

La Pulga sendiri saat ini sedang berjuang untuk sembuh dari cedera betis untuk tampil di Piala Dunia 2022 nanti. Pemain 35 tahun ini sudah absen pada dua pertandingan Paris Saint Germain (PSG) terakhir.

Pada Piala Dunia 2022 Qatar nanti merupakan penampilan terakhir dari Lionel Messi. Peraih tujuh kali penghargaan Ballon D'Or ini memulai debutnya pada Piala Dunia 2006 di Jerman.

Sejatinya Messi sempat nyaris membawa Argentina meraih trofi Piala Dunia. Namun sayang pada final Piala Dunia 2014, Messi dan kawan-kawan harus takluk dari Jerman dengan skor 1-0 lewat gol Mario Gotze di babak perpanjangan waktu.

1. Brasil

Lionel Messi menempatkan timnas Brasil di urutan pertama sebagai tim yang berpeluang besar membawa pulang trofi Piala Dunia 2022. Menurut dia, Brasil merupakan tim langganan Piala Dunia yang diisi dengan materi pemain bintang.

Brasil memang selalu jadi tim favorit juara Piala Dunia. Sebab, Brasil memiliki sejarah panjang di sepak bola dan Brasil memang identik dengan olahraga sepak bola lewat Jogo Bonito-nya.

Brasil adalah pemenang trofi terbanyak Piala Dunia. Total, Tim Samba meraih lima gelar Piala Dunia. Terakhir, mereka meraihnya pada Piala Dunia Korea Selatan-Jepang pada 2022 silam.

Tahun ini, Brasil memiliki pemain bintang seperti Neymar, Casemiro, Richalison, Vinicius Jr hingga Fabinho. Kemudian dikolaborasikan dengan pemain senior seperti Thago Silva dan Ederson.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Prancis

Nomor dua jagoan Messi adalah Timnas Prancis. Messi memandang Prancis menjadi favorit untuk menjuarai Piala Dunia 2022. Selain karena diisi pemain bintang, para pemain Prancis juga sudah matang karena pada Piala Dunia 2018 Les Bleus berhasil meraih kampiun.

"Jika saya harus memilih satu atau dua tim favorit, saat ini saya pikir Brasil dan Prancis adalah dua kandidat besar untuk menjuarai Piala Dunia 2022 ini," kata Lionel Messi kepada RMC Sport dilansir dari The Sun.

Timnas Prancis tampil di Piala Dunia 2022 ini berstatus sebagai juara bertahan. Pada Piala Dunia edisi sebelumnya, Kylian Mbappe dan kawan-kawan sukses mengalahkan Kroasia di babak final dengan skor 4-2.

Di Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember, Prancis tergabung di Grup D yang tergolong ringan. Les Bleus akan menghadapi Australia, Denmark, dan Tunisia.

 

3 dari 5 halaman

3. Jerman

 

Tim beriktnya yang dijagokan Messi pada Piala Dunia 2022 adalah Timnas Jerman. Jerman merupakan tim pertama yang lolos dari babak kualifikasi sebagai juara Grup J. Der Panzer mengumpulkan 27 poin dari 10 pertandingan dengan sembilan kemenangan dan hanya sekali kalah.

Jerman adalah salah satu tim besar di dunia. Mengoleksi empat trofi Piala Dunia yang membuat mereka berada di posisi kedua bersama Italia.

Jerman hanya kalah dari Brasil yang telah meraih lima gelar juara Piala Dunia. Empat trofi yang dimenangkan Die Mannschaft adalah pada tahun 1954, 1974, 1990, dan terbaru di Brasil 2014.

Piala Dunia 2022 Qatar akan menjadi keikutsertaan mereka yang ke-20 kalinya sejak turnamen ini diadakan pada 1930 silam.

 

4 dari 5 halaman

4. Inggris

Lionel Messi juga menjagokan Timnas Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022 ini. Inggris yang datang dengan para pemain muda diyakini bisa membuat kejutan di Piala Dunia 2022 Qatar nanti.

Terbukti, pada fase kualifikasi Inggris cukup perkasa tanpa mengalami sekalipun kekalahan dari 10 pertandingan yang dimainkan di fase kualifikasi.

Hanya Polandia dan Hungaria yang mampu memberi perlawanan untuk timnas Inggris. Kemenangan terbesar The Three Lions sepanjang babak kualifikasi adalah sepuluh gol tanpa balas atas San Marino pada 15 November 2021 lalu.

Pada tahun ini Timnas Inggris diisi oleh mayoritas pemain muda dengan rata-rata usia 25,6 tahun. Misalnya winger Arsenal, Buyako Saka (21 tahun), bek sayap Chelsea, Reece James (22 tahun), gelandang Borussia Dortmund, Jude Bellingham (19 tahun) dan winger Manchester City, Phil Foden (22 tahun).

Pada gelaran Piala Dunia nanti, Inggris berada dalam grup B bersama Wales, Amerika Serikat dan Iran.

5 dari 5 halaman

5. Spanyol

Tim kelima yang dijagokan Messi adalah Spanyol. Meskipun Spanyol harus berjuang hingga laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa untuk lolos, namun materi pemain Timnas Spanyol masih menjadi salah satu yang terbaik.

Pada tahun ini La Furia Roja diisi pemain sekelas Alvaro Morata, Pedri, Gavi, Rodri, Ferran Torres, Dani Carvajal dan pemain senior Sergio Busquets.

Piala Dunia 2022 menjadi partisipasi ke-16 Spanyol sepanjang sejarah. Pertama kali mereka mentas di kompetisi paling bergengsi di bumi ini pada 1934.

Pada tahun 1950, timnas Spanyol membuat penampilan kedua mereka di Piala Dunia. Kala itu, Spanyol finis keempat setelah Swedia, Brasil dan Uruguay. Sejak itu, La Furia Roja muncul di turnamen Piala Dunia 1962, 1966, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2010, 2014, dan 2018.

La Furia Roja tercatat pernah mengangkat trofi Piala Dunia satu kali. Spanyol muncul sebagai tim sepak bola terbaik di dunia setelah mengalahkan Belanda di Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

"Untuk favorit juara di Piala Dunia 2022 ada tim besar seperti Brasil, Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol," ucap Lionel Messi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.