Sukses

Raih 1 Gelar di Denmark Open, PBSI Evaluasi Kinerja Jelang Hylo Open 2022

PP PBSI menggelar evaluasi meyusul penyelenggaraan Denmark Open dan French Open dalam dua pekan terakhir. Indonesia meraih satu gelar dari nomor ganda putra di Denmark Open. Namun, tidak ada wakil yang lolos ke final French Open.

Liputan6.com, Jakarta - PP PBSI menggelar evaluasi meyusul penyelenggaraan Denmark Open dan French Open dalam dua pekan terakhir. Indonesia meraih satu gelar dari nomor ganda putra di Denmark Open. Namun, tidak ada wakil yang lolos ke final French Open.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menilai adanya penurunan kinerja. Sejumlah kelemahan pun masih terlihat. Saat unggul angka, pemain kerap kendor di momen kritis.

"Ini dikarenakan faktor nonteknis, yaitu persoalan mental. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah dan catatan serius bagi saya, para pelatih, dan yang utama atletnya sendiri," katanya.

Penerapan strategi permainan juga dipertanyakan. Pemain tidak fokus, kurang tenang, dan inkonsisten. Sehingga banyak yang melakukan kesalahan sendiri.

"Untuk evaluasi performa pemain, kami segera menganalisis hasil di turnamen Denmark dan Prancis Terbuka dengan mengajak duduk bersama dengan pelatih dan atlet untuk bersama-sama melihat dan menonton video rekaman pertandingan," ungkap Rionny.

"Ini untuk menganalisis kelemahan dan kelebihan diri sendiri dan lawan. Selain itu berusaha mencari dan memberikan solusi terbaik kepada atlet di masing-masing sektor, baik secara mental maupun teknik," sambungnya.

Meski keseluruhan menurun, Rionny memberi kredit terhadap sejumlah pemain yang meningkat kinerjanya di French Open 2022. Dia menyebut ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri serta ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sambut Hylo Open

Setelah ini pebulu tangkis Tanah Air mengikuti Hylo Open yang berlangsung 1-6 November 2022. PBSI berharap pemain bisa bangkit dan mencatat hasil terbaik menyusul rapor buruk di Denmark dan Prancis.

"Bicara soal peluang di turnamen Hylo Open berikutnya, semua atlet dan pelatih dalam kondisi yang baik sehat dan tetap semangat. Saya pun akan terus mengawal mereka. Setiap hari para pemain tetap melakukan latihan yang teratur dan terprogam," kata Rionny.

"Kekalahan di Denmark dan Prancis akan menjadi motivasi untuk bangkit dan lebih bersemangat lagi dengan daya juang yang lebih tinggi, karena ini menjadi kunci untuk bisa menjadi juara dan memperbaiki prestasi di masing-masing sektor."

3 dari 3 halaman

Daftar Wakil Indonesia

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo, Jonatan Christie

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana

Ganda Putri: Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran: Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.