Sukses

Pemain-Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala Dunia FIFA

Sederet pemain sepak bola tertua sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA.

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia menjadi ajang sepak bola paling bergengsi di dunia. Semua pemain berlomba-lomba menampilkan permainan terbaiknya dalam ajang empat tahun sekali ini.

Umur bukanlah penghalang. Jangan dianggap remeh, nyatanya banyak pula pesepak bola yang sudah tidak muda lagi masih mampu menorehkan sejumlah prestasi dan dedikasi mereka pada tim, negara, dan para penggemar.

Umur boleh tua, jiwa tetap muda. Beberapa nama memang begitu mencuri perhatian. Bahkan, rata-rata pemain tertua top dunia ini sudah menginjak kepala 4.

Patut diacungi jempol, keterampilan dan performa pemain-pemain tertua pun tidak kalah jauh dengan pemain muda lainnya.  Ada pula pemain-pemain tertua yang mampu membuat mata dunia langsung terkesima dengan permainan mereka dalam berbagai putaran Piala Dunia. 

Lantas, pemain mana sajakah yang tercatat berusia paling tua dalam sejarah Piala Dunia? Apakah pesepakbola jagoanmu termasuk?

Yuk, intip sederet pemain sepak bola tertua sepanjang sejarah Piala Dunia FIFA berikut ini!

1. Essam El-Hadary - 45 Tahun

Essam El-Hadary menjadi pemain sepakbola tertua dalam sejarah Piala Dunia FIFA. Kiper kebanggan Mesir ini ikut berpartisipasi dalam laga Piala Dunia FIFA 2018 Rusia yang kala itu melawan tim nasional Arab Saudi. Dirinya memulai debutnya bersama tim nasional Mesir pada tahun 1996. Meskipun menjadi yang tertua, semangat dan kekuatan El-Hadary boleh diadu. Beragam prestasi ditorehkannya. Tak heran, bila El Hadary masuk dalam daftar penjaga gawang terbaik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Faryd Mondragon - 43 Tahun

Faryd Mondragon berhasil menjaga gawang pertahanan Kolombia pada Piala Dunia 2014 Brasil. Masuk dalam daftar pemain tertua yang berlaga dalam Piala Dunia tak membuat kemampuan kiper tim nasional Kolombia ini menciut. Kala itu Kolombia berhasil membawa pulang kemenangan dengan skor 4-1 atas Jepang. 

3 dari 5 halaman

3. Roger Milla - 42 Tahun

Roger Milla terkenal sebagai striker dan pencetak gol yang handal. Penampilannya di lapangan patut diacungi jempol. Dirinya bahkan telah mengikuti 3 kali putaran Piala Dunia FIFA yakni pada tahun 1982, 1990, dan 1994. Milla mengakhiri karirnya setelah bermain 77 kali dan telah mencetak 43 gol. 

4 dari 5 halaman

4. Pat Jennings - 41 Tahun

Piala Dunia 1986 Meksiko menjadi tahun terakhir Pat Jennings berlaga dalam kompetisi ini bersama tim nasional Irlandia. Karirnya dalam dunia sepak bola masyhur. Tak heran, bila namanya digembor-gemborkan. Di usia kepala 4 ini dirinya mampu terbukti menjadi salah satu penjaga gawang terbaik. 

5 dari 5 halaman

5. Peter Shilton - 40 Tahun

Peter Shilton ikut terkenal dalam gol ‘Tangan Tuhan’ yang dibobol Maradona yang ramai diperbincangkan pada Piala Dunia FIFA 1986 Meksiko. Shilton mampu menarik perhatian dunia dengan permainannya. Setelah 125 penampilan untuk negara, Shilton memilih pensiun dari dunia sepak bola internasional.

Penulis: Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.