Sukses

Senegal Umumkan Skuad Piala Dunia 2022, Sadio Mane Tetap Dibawa Meski Cedera

Sadio Mane tetap dibawa Timnas Senegal ke Piala Dunia 2022 meski masih cedera.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Senegal mengumumkan 26 nama pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar, termasuk penyerang Bayern Munchen, Sadio Mane. Mane tetap dibawa oleh sang arsitek tim, Aliou Cisse ke Qatar meski sedang mengalami cedera fibula kanan.

Padahal, cedera mantan pemain Liverpool itu diperkirakan akan membuatnya absen dalam beberapa pekan. Dan itu membuat pemain 30 tahun tersebut bisa tidak memperkuat skuad Lions of Teranga di Piala Dunia 2022.

Mane mengalami cedera saat memperkuat Bayern Munchen menghadapi Werder Bremen pada pekan ke-14 Bundesliga Jerman di Allianz Arena, 9 November 2022. Dalam pertandingan itu Mane harus ditarik keluar dan digantikan Leroy Sane pada menit ke-20.

Jasa Mane sangat dibutuhkan untuk memperkuat Senegal untuk berjibaku di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Belanda dan Ekuador. Presiden Senegal, Macky Sall juga mengaku khawatir jika Mane tidak bisa membela Senegal pada Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

“Sadio saya berharap Anda cepat pulih.” Agustin Senghor, presiden federasi sepak bola Senegal, juga sempat mengatakan khawatir dengan kondisi cedera Mane. Kami sungguh khawatir sejak kami menerima kabar itu,” ujar dia.

Senegal akan menjalani laga perdana di Grup A melawan Belanda pada 21 November dan melawan Qatar 25 November serta Ekuador pada 29 November. Mane diharapkan bisa pulih dalam satu pekan ini agar bisa tampil dari laga perdana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Cedera Serius

Keputusan pelatih Senegal, Aliou Cisse tetap memasukkan Mane ke dalam skuad memang wajar sebab cedera Mane tidak terlalu serius. Asisten Pelatih Bayern Munchen, Dino Toppmoller meyakini Mane tetap bisa bermain di Piala Dunia 2022.

"Dia terkena cedera di kaki yang menyebabkan sedikit nyeri saraf. Tidak ada yang terlalu serius. Partisipasinya di Piala Dunia seharusnya tidak dalam bahaya," kata Toppmoller setelah kemenangan Bayern dikutip dari Express.

Pelatih Kepala Bayern Munchen, Julian Nagelsmann juga menilai cedera Mane memang tidak terlalu parah. Ia berharap Mane mampu membela Timnas Senegal di Piala Dunia 2022 yang akan digelar dalam hitungan hari.

"Saya tidak melihatnya setelah pertandingan, tapi saya harap itu bukan cedera besar. Tapi kami melihat besok dan kemudian memberikan pembaruan," kata Julian Nagelsmann.

 

3 dari 5 halaman

Pakai Dukun

Sekjen FIFA, Fatma Samoura yang berasal dari Senegal mengatakan Senegal akan menggunakan berbagai cara agar Sadio Mane tampil di Piala Dunia 2022. Bahkan ia sudah mempersiapkan metode klenik berupa dukun untuk kesembuhan Mane.

"Kami akan menggunakan dukun. Saya tidak tahu apakah itu efektif, tetapi kami akan tetap menggunakannya," kata Samoura kepada radio Europe 1.

"Mudah-mudahan akan ada keajaiban. Dia harus ada di sana." sambungnya.

Mane merupakan pemain yang sangat penting bagi Senegal dan Bayern Munchen. Ia menempati posisi kedua dalam pemungutan suara Ballon d'Or tahun 2022 ini di belakang Karim Benzema.

 

4 dari 5 halaman

Raih Penghargaan

Meski gagal meraih penghargaan Ballon d’Or, Mane berhasil mendapatkan Socrates Award. Pemain terbaik Afrika selama dua kali itu dinilai layak menerima penghargaan itu karena aktivitas sosial dan kemanusiaannya.

Penyelenggaran Ballon d’Or memunculkan Socrates Award untuk mengakui pencapaian pemain sepak bola di luar lapangan. Socrates Award baru diadakan tahun 2022 ini, dan Mane menjadi orang pertama yang menerimanya.

Sadio Mane dianggap layak menjadi orang pertama yang menerima Socrates Award karena selama ini ia banyak berkontribusi untuk kegiatan amal di Senegal.

Nama Socrates Award diambil dari pemain legendaris asal Brasil, Socrates Brasileiro Sampaio de Souza. Dia terkenal karena kerja kemanusiaan selama hidupnya.

 

5 dari 5 halaman

Skuad Timnas Senegal

Kiper: Seny Dieng, Alfred Gomis, Edouard Mendy

Belakang: Pape Abdou Cisse, Abdou Diallo, Ismail Jakobs, Kalidou Koulibaly, Formose Mendy, Youssouf Sabaly, Fode Balo Toure

Tengah: Pathe Ciss, Krepin Diatta, Idrissa Gana Gueye, Pape Gueye, Cheikhou Kouyate, Mamadou Loum, Nampalys Mendy, Mostapha Name, Pape Matar Sarr

Depan: Boulaye Dia, Bamba Dieng, Nicolas Jackson, Sadio Mane, Iliman Ndiaye, Ismaila Sarr, Famara Diedhiou

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.