Sukses

Anomali Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar, Lolos Semifinal dengan Satu Kemenangan

Kroasia memastikan melaju ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar setelah mengalahkan kandidat juara Brasil melalui adu penalti 4-2 (1-1).

Liputan6.com, Jakarta Kroasia tampil sebagai tim pertama yang mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Kroasia secara mengejutkan menyingkirkan tim unggulan Brasil melalui adu penalti 4-2 (1-1) di Education City Stadium, Ar-Rayyan, Sabtu (10/12/2022).

Tanpa mengecilkan perjuangan Kroasia, penampilan tim berjuluk Vatreni di Piala Dunia 2022 Qatar bak anomali. Kroasia yang berisi skuad muda dan menyisakan dua pemain senior, Kapten Luka Modric dan striker gaek Ivan Perisic, tampil datar dalam 3 laga penyisihan grup.

Pada laga pembuka Grup F Piala Dunia 2022 Qatar, Kroasia bermain imbang tanpa gol lawan wakil Afrika Maroko. Setelah menang telak lawan tim lemah Kanada 4-1 pada laga kedua, Kroasia kembali mencatatkan hasil imbang lawan Belgia 0-0.

Kroasia lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup F menemani Maroko sebagai juara grup yang tampil impresif. Pada babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022 melawan Jepang, Kroasia yang tertinggal lebih dahulu mampu meredam perlawanan pasukan Samurai Biru dan menang lewat adu penalti 3-1 (1-1).

Pada babak perempat final melawan Brasil, Kroasia pun tidak diunggulkan. Bahkan tim asuhan Pelatih Zlatko Dalic tertinggal lebih dahulu melalui gol bintang Brasil Neymar Junior pada babak extra time menit ke-105.

Kroasia berhasil menyamakan kedudukan melalui Bruno Petkovic pada menit ke-117 dan memaksa Brasil melalui adu penalti. Dalam tos-tosan, Kroasia yang tampil dingin berhasil menang dari Brasil 4-2.

“Ini Kroasia. Jangan pernah meremehkan. Kebanggaan, keberanian, keyakinan, cinta tanah air dan Kroasia selalu berhasil,” kata Dalic dikutip dari Sportmole.

Secara keseluruhan, Kroasia mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar, dari 5 laga yang dilakoni hanya mencatatkan sekali kemenangan. Empat laga lainnya berakhir imbang dalam waktu normal 90 menit, dan dua di antaranya pada babak knock-out, dimenangkan lewat adu penalti.

Keberhasilan mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022, Kroasia pun menjelma menjadi tim kuda hitam yang patut diwaspadai. Pada babak semifinal Kroasia sudah ditunggu lawan berat sekaligus kandidat juara Argentina yang diperkuat pemain bintang Lionel Messi.

2 dari 4 halaman

Faktor Luka Modric

Kapten Kroasia Luka Modric meluapkan kegembiraan menyambut kemenangan melawan Brasil dan mengulang sejarah melaju ke babak semifinal Piala Dunia. “Jangan pernah menyerah,” tulisnya melalui akun Twitter pribadi.

Modric pun menorehkan catatan tersendiri sebagai pemain paling banyak membela Kroasia dengan 160 penampilan dan mencetak 23 gol. Modric menjadi kapten Kroasia menggantikan Darijo Srna yang pensiun setelah Piala Eropa 2016.

Modric yang kini berusia 37 tahun menjadi salah satu kunci keberhasilan Kroasia mencapai babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain bertubuh mungil ini masih tampil apik mengatur keseimbangan Kroasia, saat menyerang maupun bertahan.

Ketenangan Modric juga menambah percaya diri pemain muda Kroasia, meskipun dalam kondisi tertekan dan tertinggal setelah lawan mencetak gol. Dalam adu penalti melawan Brasil, Modric memainkan peran krusial ketika tampil menjadi eksekutor.

Selama 120 menit melawan Brasil, Modric menyelesaikan 105 dari 115 operannya, termasuk satu operan yang membantu untuk menyamakan kedudukan. Dia menunjukkan kemampuan sebagai maestro lapangan tengah yang baik.

Dari 5 kali penampilan membela Kroasia pada Piala Dunia 2022 Qatar, Modric memang belum mencetak gol dan membuat assist. Namun, kehadiran Modric memberikan dampak psikologi besar bagi Kroasial untuk tampil pantang menyerah.

Ingat, Modric adalah kapten Kroasia ketika mencapai babak final Piala Dunia 2018 Rusia. Meskipun Kroasia kalah dari Prancis dengan skor 2-4. Tentu kesempatan ini menjadi motivasi bagi Kroasia meraih prestasi lebih baik.

3 dari 4 halaman

Pertandingan Kroasia vs Brasil

Kroasia menyingkirkan Brasil melalui drama adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB. Kroasia unggul 4-2 setelah bermain 1-1 selama 120 menit.

Menggunakan teknik individu dan kekompakan tim, Brasil menampilkan permainan indah alias Jogo Bonito sejak awal laga. Namun, Kroasia tidak gentar dan sesekali melancarkan serangan cepat berbahaya.

Jelang berakhirnya babak pertama tambahan waktu, momen spesial hadir melalui Neymar. Dia melakukan kombinasi dengan Rodrygo dan Paqueta demi menembus lini belakang lawan. Neymar lalu melewati Livakovic untuk mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-105+1.

Kroasia dalam posisi terdesak. Mereka coba menyerang di 15 menit terakhir pertandingan. Hasilnya adalah gol Bruno Petkovic di menit ke-116. Laga pun berlanjut ke adu penalti.

Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric, dan Mislav Orsic sukses meniunaikan tugas bagi Kroasia. Sementara hanya Casemiro dan Pedro yang bisa memasukkan gol bagi Brasil, dengan Rodrygo dan Marquinhos gagal.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Kroasia: Dominik Livakovic, Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Borna Sosa (Ante Budimir 110), Mateo Kovacic (Lovro Majer 106), Luka Modric, Marcelo Brozovic (Mislav Orsic 114), Mario Pasalic (Nikola Vlasic 72), Andrej Kramaric (Bruno Petkovic 72), Ivan Perisic

Brasil: Alisson Becker, Eder Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo, Casemiro, Lucas Paqueta, Raphinha (Antony 56), Neymar, Vinicius Jr (Rodrigo Goes 64), Richarlison (Pedro 84)