Sukses

Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko

Pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko menjadi laga emosional bagi Walid Regragui, pelatih Singa Atlas yang lahir dan tumbuh di Prancis.

Liputan6.com, Jakarta Maroko jumpa Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, kota Al Khor, Rabu (14/12/2022) malam waktu Qatar atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Duel semifinal Piala Dunia 2022 Prancis vs Maroko yang akan dipimpin wasit Cesar Arturo Ramos (Meksiko) dapat disaksikan melalui siaran langsung di SCTV, Indosiar, jaringan tv satelit Nex Parabola dan streaming di aplikasi OTT Vidio pada Kamis (15/12/2022) dini hari, mulai pukul 02.00 WIB. Adapun jadwal lengkap pertandingan lainnya bisa diperoleh di link berikut.

Bagi pelatih Maroko, Walid Regragui, pertandingan kontra Prancis terasa cukup emosional. Sebab dia faktanya adalah orang Prancis yang memilih membela negara leluhurnya, Maroko di level internasional, sebagai pemain maupun pelatih.

Walid Regragui lahir di Corbeil-Essonnes, sebuah wilayah yang berada di pinggiran selatan Kota Paris, Prancis, pada 23 September 1975. Dia tumbuh sebagai seorang suporter Paris Saint-Germain (PSG), tetapi menjalani karier profesional bersama Racing Clube de Paris.

Dia kemudian bermain untuk tim Prancis lain, antara lain AC Ajaccio, Dijon, dan Grenoble. Dia juga sempat memutuskan pergi ke Spanyol untuk gabung dengan Racing Santandaer, dan mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola di klub Maroko, Moghreb Tetouan.

Di level internasional, Walid Regragui yang spesialis bek sayap kanan, memilih membela timnas Maroko dari 2001 hingga 2009. Dia menjalani 45 pertandingan internasional bersama Singa Atlas.

Kini di Stadion Al Bayt, Walid Regragui, harus menghadapi kenyataan berdiri untuk membela tanah leluhur dan menghadapi tanah kelahirannya, Prancis.

"Saya berkewarganegaraan ganda. Merupakan suatu kehormatan dan kesenangan untuk bermain melawan Prancis tetapi ini hanya sepak bola. Saya di sini sebagai pelatih sepak bola dan yang menarik minat saya adalah untuk menang," kata Regragui dikutip dari Reuters.

Nama Walid Regragui menarik perhatian seiring dengan kejutan besar yang diciptakan Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. Singa Atlas jadi tim Afrika pertama yang menapak ke semifinal Piala Dunia, melampaui pencapaian Kamerun, Senegal, dan Ghana, yang menembus perempat final.

Sekarang publik sepak bola menantikan seberapa ampuh racikan strategi Walid Regragui dalam meredam agresivitas dan pengalaman para pemain Prancis yang berstatus juara bertahan Piala Dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bidik Rekor Italia dan Brasil

Sementara Timnas Prancis makin dekat dengan sejarah sebagai negara ketiga yang meraih trofi Piala Dunia secara beruntun setelah Italia (1934, 1938) dan Brasil (1958, 1962). Untuk mewujudkannya, Prancis harus melewati adangan Maroko di babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Prancis datang ke Piala Dunia 2022 dengan sejumlah masalah akibat pemain cedera. Dua pilar mereka ketika meraih trofi empat tahun lalu di Rusia, Paul Pogba dan N'Golo Kante dicoret pelatih Didier Deschamps karena mengalami cedera.

Ketika Piala Dunia 2022 sudah di depan mata, Prancis kembali diterpa kabar buruk setelah striker andalan mereka, Karim Benzema, juga terpaksa dicoret. Saat turnamen berlangsung pun, Prancis harus kehilangan pemain karena Lucas Hernandez mengalami cedera di laga perdana kontra Australia.

Sampai laga perempat final Piala Dunia 2022 kontra Inggris, Deschamps membuktikan badai cedera tak menghalangi langkah Prancis untuk melewati semua rintangan yang dihadapi.

Deschamps sekarang merasa sangat senang dengan pencapaian Les Bleus ke semifinal, tetapi dia tak cukup puas hingga kembali membawa Prancis mengangkat trofi dan menjadikan Les Bleus sebagai negara dengan koleksi gelar Piala Dunia terbanyak keempat setelah Brasil (5 kali) serta Italia dan Jerman (4).

"Senang bisa mencapai tujuan yang ditetapkan oleh presiden (Emmanuel Macron). Dia bahagia dan saya membayangkan banyak orang yang bahagia di Prancis," kata Deschamps selepas laga perempat final Piala Dunia 2022 kontra Inggris, dikutip dari Inside Sport.

"Tetapi saya suka menikmati apa yang telah kami capai lagi, yaitu kembali menjadi salah satu dari empat tim terbaik di dunia. Sekarang saya memikirkan pertandingan hari Rabu (melawan Maroko), tidak ada yang lain," tambah Deschamps.

 

3 dari 5 halaman

Pertahanan Kokoh Maroko

Menghadapi Maroko, ketajaman Prancis akan diuji benteng pertahanan Singa Atlas yang terbukti kokoh. Maroko hanya kebobolan satu kali, itu pun diakibatkan gol bunuh diri bek mereka Nayef Aguerd saat hadapi Kanada di laga terakhir fase grup.

Catatan ini menunjukkan ketangguhan pertahanan Singa Atlas. Mereka tercatat hanya kebobolan sekali dalam sembilan pertandingan terakhir, lima di antaranya pada pentas Piala Dunia 2022.

Kinerja tersebut pun berbuah rekor. Maroko jadi negara Afrika pertama yang mencapai semifinal Piala Dunia. Mereka melampaui capaian Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

Yassine Bounou juga mengukuhkan prestasi pribadi. Dia jadi kiper Afrika pertama yang membukukan tiga clean sheet beruntun di Piala Dunia.

Rincian ketangguhan Maroko sebagai berikut. Mereka menang atas Jamaika (3-0) dan Chile (2-0), serta mengimbangi Paraguay (0-0) pada persiapan menuju Qatar. Singa Atlas kemudian menutup uji coba jelang turnamen dengan membungkam Georgia (3-0).

 

4 dari 5 halaman

Diuji Lini Serang Prancis

Di panggung sesungguhnya, Kroasia menahan runner-up empat tahun lalu Kroasia (0-0) pada awal perjuangan di Grup F. Mereka lalu menaklukkan peringkat dua FIFA Belgia (2-0), sebelum Aguerd melakukan kesalahan dengan menjebol gawang sendiri saat mengalahkan Kanada (2-1).

Maroko melanjutkan momentum dengan meredam serangan Spanyol selama 120 menit (0-0)pada babak 16 besar. Mereka memesan tempat di perempat final setelah menang adu penalti (3-0).

Teranyar Maroko mengecundangi Portugal (1-0) untuk menantang juara bertahan Prancis di semifinal Piala Dunia Qatar.

Namun, pertahanan Maroko akan mendapat ujian besar pada laga ini. Prancis memiliki banyak amunisi, termasuk top skor sementara Piala Dunia 2022 Kylian Mbappe dan pemain tersubur sepanjang masa Les Bleus Olivier Giroud.

 

5 dari 5 halaman

Perjalanan ke Semifinal

Prancis memulai turnamen Piala Dunia 2022 dengan gemilang setelah menggebuk Australia di laga pertama Grup D. Kemudian mengandaskan Denmark, tetapi kalah dari Tunisia di laga terakhir karena memilih mengistirahatkan banyak pemain pilar.

Sementara Maroko memulai turnamen dengan menahan imbang Kroasia, lalu membenamkan Belgia dan Kanada. Setelah itu, mengubur harapan Spanyol dan Portugal di fase gugur.

Hasil pertandingan Prancis:

Grup D

22/11/2022 Prancis vs Australia 4-1 (Adrien Rabiot 27, Olivier Giroud 32, 71, Kylian Mbappe 68 ; Craig Goodwin 9)

26/11/2022 Prancis vs Denmark 2-1 (Kylian Mbappe 61, 86; Andres Christensen 68)

30/11/2022 Tunisia vs Prancis 1-0 (Wahbi Khazri 58)

16 Besar

04/12/2022 Prancis vs Polandia 3-1 (Olivier Giroud 44, Kylian Mbappe 74, 90+1; Robert Lewandowski 90+9-pen)

Perempat Final

10/12/2022 Inggris vs Prancis 1-2 (Harry Kane 54; Aurelien Tchouameni 17, Olivier Giroud 78)

Hasil pertandingan Maroko:

Grup F

23/11/2022 Maroko vs Kroasia 0-0

27/11/2022 Belgia vs Maroko 0-2 (Romain Saiss 73, Zakaria Aboukhal 90+2)

01/12/2022 Kana vs Maroko 1-2 (Nayer Aguerd 40-og; Hakim Ziyech 4, Youssef En-Nesyri 23)

16 Besar

06/12/2022 Maroko vs Spanyol 0-0 (3-0 adu penalti)

Perempat Final

10/12/2022 Maroko vs Portugal 1-0 (Youssef En-Nesyri 42)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.