Sukses

Julian Alvarez Bintang Kemenangan Argentina di Semifinal Piala Dunia 2022: Dari Foto Bareng hingga Dilayani Lionel Messi untuk Cetak Gol

Julian Alvarez menjadi bintang baru Argentina setelah mencetak dua gol pada semifinal Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Argentina berhasil lolos ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar setelah membantai Kroasia 3-0. Pemain muda, Julian Alvarez dan megabintang Lionel Messi menjadi aktor utama kesuksesan La Albiceleste kembali maju ke partai puncak setelah terakhir pada Piala Dunia 2014.

Julian Alvarez mencetak dua gol dan satu asis untuk kemenangan Tim Tango. Sementara Lionel Messi mencetak satu gol dari titik putih dan satu asis untuk gol kedua Alvarez pada menit ke-69.

Pemain 22 tahun itu langsung mencuri perhatian setelah sebelumnya juga sudah sukses mencetak dua gol masing-masing ke gawang Australia di babak 16 besar Piala Dunia 2022 dan Polandia di fase grup. Maka, sejauh ini pemain Manchester City sudah mengoleksi empat gol.

Lionel Messi yang sebelumnya sempat mengorbitkan Alvarez lewat foto bersama, memuji penampilan eks pemain River Plate itu. Menurut Messi, Alvarez lebih layak mendapatkan Man of The Match pada laga Argentina vs Kroasia tadi malam dibanding dirinya.

"Setiap pemain melakukannya dengan sangat baik, tetapi jika saya harus memilih, saya akan memberikan penghargaan ini kepada Julian (Alvarez), dia memiliki permainan yang luar biasa," kata Messi dilansir dari Metro.

Sejauh ini, Messi memimpin top skor Piala Dunia 2022 di Qatar dengan lima gol bersanding dengan striker Timnas Prancis, Kylian Mbappe yang juga mengoleksi lima gol. Sementara Julian Alvarez ada di posisi kedua dengan empat gol bersama Olivier Giroud.

Di final, Argentina masih harus menunggu pemenang Prancis melawan Maroko yang baru akan bermain nanti malam. Keduanya memiliki kans membuat sejarah jika lolos ke final Piala Dunia 2022 ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Julian Alvarez

Julian Alvarez tampil apik saat menghadapi Kroasia di babak semi final Piala Dunia 2022. Dia memberikan asis untuk penalti Lionel Messi setelah dirinya dilanggar di dalam kotak terlarang.

Lima menit berselang giliran Alvarez sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor lewat gol solo run dari tengah lapangan. Meski beberapa kali sempat diblok oleh bek Kroasia, pemain 22 tahun ini tetap mampu membobol gawang yang dijaga oleh Dominik Livakovic.

Tidak sampai situ, di menit ke-69 Alvarez kembali mencetak gol setelah menerima umpan tarik dari Lionel Messi. Pertandingan berakhir dengan skor 3-0 dan Alvarez mulai mendapat sorotan sebagai bintang baru Argentina.

"Itu gol yang bagus. Saya biasanya tidak banyak berlari dengan bola, tetapi situasinya muncul dengan sendirinya," kata Alvarez setelah pertandingan kepada Fox Sports saat ditanya soal gol solo runnya.

"Kami pantas mendapatkan ini, kami memainkan pertandingan hebat hari ini. Kami berada di final yang kami inginkan. Kami sangat senang dengan apa yang kami capai, dan kami menginginkan lebih," sambung Alvarez.

 

3 dari 4 halaman

Hanya Pelapis

Pada pertandingan awal Argentina di Piala Dunia 2022, Alvarez sebenarnya hanya menjadi pemain pelapis. Pelatih Argentina, Lionel Scaloni lebih memilih Lautaro Martinez atau Angel Di Maria yang memang lebih memiliki pengalaman dibandingkan Alvarez yang baru pertama kali main di Piala Dunia.

Namun, Alvarez berhasil merebut posisi Lautaro Martinez di posisi striker Tim Tango. Pada saat itu, Martinez sempat cedera ankle dan Alvarez membayar kepercayaan pelatih dengan mencetak gol ke gawang Polandia.

Setelah pertandingan melawan Kroasia, Lionel Scaloni memuji Alvarez setinggi langit. Menurutnya striker Manchester City itu menampilkan pemain luar biasa dalam usianya yang masih muda.

“Permainan Julian sangat bagus, bukan hanya karena dia mencetak dua gol, tapi karena dia membantu gelandang kami (dengan sering menjemput bola) Dia menampilkan permainan yang luar biasa untuk anak seusianya," papar Scaloni.

Kiper Argentina, Emiliano Martinez juga memuji penampilan Alvarez. Dia memprediksi Alvarez akan menjadi bintang besar pada suatu saat nanti.

“Saya mengatakan anak laki-laki itu (Alvarez) akan menjadi superstar dan kita akan segera bisa melihatnya," tutur Emi Martinez.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Susunan pemain Argentina vs Kroasia:

Argentina:

Kiper: Emiliano Martinez

Belakang: Nahuel Molina, Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico

Tengah: Enzo Fernandez, Leandro Paredes, Alexis MacAllister, Rodrigo De Paul

Depan: Lionel Messi, Julian Alvarez.

Kroasia:

Kiper: Dominik Livakovic

Belakang: Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic

Tengah: Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric

Depan: Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Mario Pasalic.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.