Sukses

Ada Messi hingga Mbappe, Bintang PSG Hiasi Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis

Laga final Piala Dunia 2022, yang dihelat pada Minggu (18/12/2022) akan menandai pertarungan antara bintang-bintang PSG, yakni Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Liputan6.com, Jakarta - Argentina dan Prancis bakal saling sikut demi memperebutkan trofi Piala Dunia 2022. Pertarungan final antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung di Stadion Lusail pada Minggu (18/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB.

Sejumlah pemain papan atas siap menghiasi duel bergengsi antara Tim Tango melawan Les Bleus. Namun, sorotan utama diprediksi akan jatuh pada pemain bintang Paris Saint-Germain (PSG) Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Seperti diketahui, kedua penggawa merupakan rekan setim di level klub. Messi dan Mbappe kerap diturunkan sebagai duet favorit untuk mengawal lini depan Les Parisiens dalam kompetisi sepak bola domestik dan Eropa.

Final Piala Dunia 2022 tak ayal bakal menjadi momen menarik buat publik sepak bola dunia. Selain mempertemukan negara jagoan, Messi dan Mbappe yang terbiasa merumput sebagai partner juga akan dipaksa beradu taji di laga tersebut.

Adapun Messi pertama kali tiba di PSG pada 2021 usai berpisah dengan klub lamanya Barcelona. Sementara itu, Mbappe, sudah lebih dulu tampil sebagai andalan Les Parisiens sejak didatangkan dengan status pinjaman pada 2017.

Messi dan Mbappe kini merupakan bagian dalam trio MNM (Messi, Neymar, Mbappe) yang ditakuti oleh musuh-musuh PSG. Alhasil, bukan hal yang mengejutkan jika La Pulga dan Mbappe nantinya bisa membaca pola permainan masing-masing di final Piala Dunia 2022.

Tak hanya Messi dan Mbappe, nuansa Les Parisiens juga terasa berkat kehadiran Leandro Paredes di partai puncak. Meski sedang membela Juventus, pemain Argentina masih terafiliasi dengan Parc des Princes lantaran dirinya merupakan pinjaman dari PSG.

Ia diketahui bergabung dengan raksasa Ligue 1 pada 2019. Sepanjang kariernya di ibu kota Prancis, Paredes tercatat telah tampil dalam 117 pertandingan sekaligus membukukan 3 gol dan 10 assist di semua kompetisi.

Pesepak bola berusia 28 tahun baru dipinjamkan ke Si Nyonya Tua pada musim panas 2022. Kesepakatannya berlangsung hingga akhir musim dengan opsi pembelian permanen.

2 dari 4 halaman

Penyumbang Pemain Bintang

Paris Saint-Germain memang menjadi klub yang banyak menyumbang pemain bintang di perhelatan Piala Dunia 2022. Di samping Messi dan Mbappe, serta Paredes yang dipinjamkan ke Juventus, PSG juga diwakili oleh nama-nama besar lain.

Salah satunya ialah Neymar. Pesepak bola berusia 30 tahun itu merupakan penggawa andalan Brasil. Meski sempat dilanda cedera, rekan La Pulga menjadi salah satu penyumbang gol yang mengantar Tim Samba menang 4–1 atas Korea Selatan di babak 16 besar.

Malang, kiprahnya bersama Selecao tak bertahan lama. Neymar dan kawan-kawan harus angkat koper lebih dulu usai disingkirkan oleh Kroasia lewat skema adu penalti dalam duel babak perempat final yang dihelat pada Jumat (9/12/2022) lalu.

Di samping Neymar, nama Achraf Hakimi juga cukup mencuri perhatian di Piala Dunia 2022. Sosok yang mampu membawa Maroko tampil sebagai kuda hitam itu merupakan deretan bintang PSG dalam kompetisi sepak bola terakbar empat tahunan.

Bersama dua pemain tersebut, ada pula Marquinhos (Brasil), Vitinha (Portugal), hingga Keylor Navas (Kosta Rika) yang turut memasyhurkan nama PSG di ajang FIFA World Cup 2022.

3 dari 4 halaman

Messi vs Mbappe

Dari deretan nama pemain PSG yang mentas di Piala Dunia 2022, Messi dan Mbappe menjadi dua pemain kuat yang mampu mengantar timnya merebut tiket menuju partai puncak.

Bicara soal persaingan, kedua pemain sebenarnya memiliki performa yang sama-sama apik sejak awal kompetisi. Messi dan Mbappe bahkan saat ini terlibat dalam pertarungan sengit demi memperebutkan sepatu emas Piala Dunia.

Melansir situs resmi FIFA, La Pulga berimpitan dengan Mbappe dalam daftar top skor sementara FIFA World Cup 2022. Keduanya kompak mengemas lima gol dalam sejumlah pertandingan yang dilakoni dari babak penyisihan.

Bedanya, tiga angka yang disumbangkan La Pulga untuk negaranya bersumber dari titik putih. Sementara itu, bagi penggawa Les Bleus, tidak satu pun gol dalam catatannya didapat dari tendangan penalti.

Terkait assist, Messi sedikit lebih unggul ketimbang calon lawannya di final. La Pulga tercatat telah memberi kontribusi 3 assist, sementara Mbappe baru mengoleksi 2, termasuk umpan matang yang disodorkan kepada Kolo Muani dalam laga semifinal melawan Maroko.

4 dari 4 halaman

Ajang Pembuktian

Lepas dari embel-embel ‘rekan setim’, duel kali ini bosa menjadi ajang pembuktian dominasi bagi Messi dan Mbappe. La Pulga berpeluang mengukuhkan predikatnya sebagai salah satu pesepak bola terbaik dengan prestasi mentereng jika sanggup mencuri trofi Piala Dunia 2022.

Sementara itu, Mbappe juga punya kesempatan untuk mengakhiri masa-masa kedigdayaan penggawa Argentina sekaligus menjadi raja baru di kancah sepak bola dunia apabila ia berhasil mempertahankan gelar juara dalam dekapan Les Bleus.

Sejumlah pengamat mulai mengungkap prediksinya jelang pertemuan duo bintang PSG di final Piala Dunia 2022. Rio Ferdinand menilai La Pulga bakal menjadi sosok yang sedikit lebih diunggulkan dalam partai puncak ajang sepak bola bergengsi tersebut.

“Saya pikir keberuntungan akan berpihak pada Lionel Messi. Kita menyaksikan dia mencapai pertandingan ke-1.000 (dalam karier seniornya) di turnamen ini,” tutur Ferdinand kepada BBC One, seperti dilansir dari Metro.

“Ketika ditanya siapa yang terbaik, Maradona atau Messi, orang-orang mengatakan Messi belum pernah meraih trofi Piala Dunia. Ini (FIFA World Cup 2022) bisa jadi momennya,” sambung mantan pesepak bola berusia 44 tahun itu.

“Seperti dongeng, kita tadinya berharap Maroko menang (dalam semifinal kontra Prancis), tapi sekarang kita justru mendapat final dengan dua megabintang dalam diri Lionel Messi dan Kylian Mbappe. Ini bisa jadi seperti tongkat estafet, siapa yang tahu,” pungkas dia.