Sukses

Piala AFF 2022: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Enggan Komentari Kekuatan Thailand

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memilih fokus ke tim sendiri ketimbang mengomentari kekuatan Thailand pada Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia berada di Grup A pada Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal bersaing dengan Filipina, Kamboja, Brunei Darussalam, dan juara bertahan Thailand.

Satu grup dengan Thailand pada penyishan grup Piala AFF, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menolak mengomentari kekuatan sang lawan. Meski demikian, ahli taktik asal Korea Selatan itu menganggap pasukan Alexandre Polking sebagai salah satu kandidat juara.

"Kami mau fokus ke tim sendiri, bagaimana menjadi juara karena itu adalah tujuan," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga Indonesia kontra Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senyan Jakarta, Kamis (22/12), seperti dikutip dari Antara.

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku sempat heran dengan pilihan pemain oleh Polking. Sebab, ahli taktik berkebangsaan Brasil dan Jerman itu tidak memasukkan pemain andalan seperti Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Supachai Chaided.

"Saya penasaran, tetapi memang tidak ada pemain yang bisa bertahan terus di tim nasional. Semua tergantung pelatih. Pelatih pasti mengusahakan yang terbaik bagi timnya demi gelar juara," ucap Shin Tae-yong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadi momok

Thailand seakan menjadi momok untuk Indonesia pada Piala AFF 2022. Terakhir, Indonesia kalah dari Thailand pada partai final Piala AFF 2020.

Total, empat kali Indonesia kalah dari Thailand di final Piala AFF. Thailand tercatat sebagai negara tersukses di Piala AFF dengan enam trofi juara.

Sementara Indonesia menjadi negara paling banyak menduduki peringkat kedua Piala AFF. Skuad Garua enam kali dan belum pernah sekali pun mencicipi trofi kampiun.

Thailand saat ini di posisi puncak klasemen sementara Grup A setelah menghancurkan Brunei Darussalam 5-0 pada laga perdana, Selasa (20/12) lalu.

Sementara Indonesia baru akan menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12). Pertandingan ini akan dimulai pukul 16:30 WIB.

 

3 dari 3 halaman

Waspadai Kamboja

Melawan Kamboja, Pelatih Indonesia Shin Tae-yong sangat mewaspadai atmosfer positif sang lawan. Pasalnya, skuad racikan Ryu Hirose itu mengalahkan Filipina 3-2 dalam pembuka Piala AFF pada Selasa, 20 Desember lalu.

"Suasana tim Kamboja saat ini sangat baik. Performa mereka saat melawan Filipina bagus," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (22/12).

Menurut ahli taktik asal Korea Selatan tersebut, pencapaian itu dapat mendongkrak motivasi bermain Kamboja.Karena itu, dia meminta meminta Fachruddin Aryanto cs untuk tidak menganggap remeh lawannya itu.

Berdasarkan laman 11v11.com, sejak 1995, Timnas Indonesia sudah 17 kali bertemu Kamboja. Hasilnya skuad Garuda memenangkan 16 pertandingan dan satu laga lain berakhir imbang.

Tapi, itu bukan jaminan Indonesia akan kembali mengalahkan Kamboja. "Kami harus fokus mendapatkan hasil terbaik, tidak boleh meremehkan lawan," tegas Shin Tae-yong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini