Sukses

Jadwal Piala AFF 2022 Indonesia vs Thailand: Garuda Harus Bertarung Tanpa Rasa Takut

Skuad Indonesia diminta tidak kalah sebelum perang saat hadapi Thailand dalam laga Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akan melakoni laga krusial menghadapi Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore, mulai pukul 16.30 WIB.

Laga Indonesia vs Thailand ibarat final, karena pemenang dari duel ini hampir dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022. Indonesia bisa lolos jika mengalahkan Thailand.

Pada dua laga sebelumnya, Indonesia sukses meraih kemenangan 2-1 atas Kamboja di SUGBK, Jumat (23/12/2022) dan mencukur Brunei Darussalam 0-7 di Stadion Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022).

Sedangkan Thailand, menunjukkan performa impresif di dua laga sebelumnya dengan menghancurkan Brunei 0-5 di Kuala Lumpur, dan Filipina 4-0 di Stadion Thammasat, kota Pathum Thani.

Mengalahkan Thailand tentu bukan perkara mudah. Pasukan Gajah Perang punya kualitas jempolan di kawasan ASEAN dan faktanya Indonesia kerap kesulitan menghadapi mereka.

Enam pertemuan terakhir Indonesia tak pernah mampu mengalahkan Thailand, termasuk dalam dua kali pertandingan di final Piala AFF 2022 yang digelar akhir tahun 2021 dan awal 2022. Pada leg pertama Indonesia takluk 0-4 dan bermain imbang 2-2 di leg kedua.

Kemenangan terakhir Indonesia atas Thailand diraih di laga final leg pertama Piala AFF 2016, dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor. Saat giliran tandang ke Bangkok, Indonesia takluk 0-2 dari Thailand.

Meski kualitas permainan Thailand dinilai masih di atas Indonesia, tetapi optimisme terus dipupuk dibenak para pemain Garuda. Witan Sulaeman Cs diminta bertarung tanpa rasa takut, apalagi Indonesia dipastikan akan didukung puluhan ribu suporter.

Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, mengingatkan skuad Garuda tidak boleh kalah sebelum berperang. Ia ingin para pemain Merah Putih tampil fokus saat berhadapan dengan lawan tangguh di laga ketiga Piala AFF 2022.

"Saya pikir (Timnas Indonesia) harus tetap fokus. Jangan sampai gugup saat lawan Thailand walaupun dia adalah tim tangguh dan musuh bebuyutan Indonesia. Jangan kalah sebelum tanding," katanya, seperti dilansir dari Antara.

Bermain tanpa rasa takut dan penuh motivasi bisa cukup membantu untuk mengikis perbedaan kualitas teknis Indonesia dengan Thailand. "Di belakang tim ada pelatih terbaik yang bisa memotivasi dan memberi semangat. Kita anggap Thailand sama. Jangan takut, harus berani," sambung Endri Erawan.

 

2 dari 4 halaman

Sama-sama Produktif

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini menempel Thailand di klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022. Skuad Gajah Perang menghuni peringkat teratas, sedangkan Pasukan Merah Putih menyusul di urutan kedua.

Duo kesebelasan sejatinya sama-sama memiliki koleksi enam angka. Hanya saja, Thailand unggul selisih gol dibanding Indonesia. Skuad asuhan Alexandre Polking tercatat telah melesakkan sembilan gol tanpa kebobolan di dua laga perdana.

Dengan demikian, mereka memiliki catatan selisih gol +9. Sementara itu, Indonesia juga telah sembilan kali menjebol gawang lawan, tetapi sempat kebobolan satu kali saat melawan Kamboja. Hasil ini membuat selisih gol Indonesia menjadi hanya +8.

 

 

3 dari 4 halaman

Optimistis Menang

Sementara pelatih Thailand Alexandre Polking mengungkap targetnya untuk pasukan Gajah Perang. Ia terang-terangan membidik kemenangan dan berniat meraup poin penuh bersama anak-anak asuhnya.

“Kami akan menghadapi pertandingan penting melawan Indonesia pada 29 Desember. Oleh karena itu, beberapa pemain kunci perlu istirahat. Mulai sekarang, kami perlu menganalisis data dan mencari perbaikan sebelum menghadapi Indonesia,” ujar Polking.

“Saya memimpin tim ke pertandingan dengan tujuan menang, dan kami memiliki kualitas untuk menang. Yang kami inginkan adalah hasil maksimal serta bermain untuk bersenang-senang.”

“Mudah-mudahan dalam pertandingan melawan Indonesia, kami akan terus mendapatkan tiga poin,” pungkasnya jelang bertandang ke markas Skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (29/12/2022), seperti dilansir dari TheThao247.

 

4 dari 4 halaman

Khawatir Atmosfer SUGBK

Manajer Timnas Thailand, Madam Pang, juga sempat memberi komentar jelang laga Indonesia vs Thailand di turnamen sepak bola Asia Tenggara. Menurutnya, perjumpaan dengan Skuad Garuda bakal menjadi tantangan terberat sepanjang fase penyisihan.

Ia juga mewaspadai atmosfer laga yang dihelat di kandang Indonesia. Walau begitu, Madam Pang menegaskan pasukan Gajah Perang bakal berupaya memberikan yang terbaik.

“Mengunjungi Indonesia kemungkinan bakal jadi laga terberat di ronde pertama. Hati-hati karena tiket sudah sold out. Atmosfer pertandingan bakal berbeda dari dua laga sebelumnya, ini akan jadi laga yang menarik, dan ini juga jadi ujian yang bagus,” katanya.

"Tahun lalu, kita bergembira bersama di tahun baru dengan gelar Piala AFF keenam. Tahun ini, mungkin terasa lebih berat sebagai juara bertahan. Penuh tekanan dan harapan. Tapi kita akan melakukan yang terbaik,” ujar wanita dengan nama lengkap Nuanphan Lamsam itu.

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali

    Piala AFF

  • AFF 2022 adalah edisi ke-14 dari Kejuaraan AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN)
    AFF 2022 adalah edisi ke-14 dari Kejuaraan AFF (Federasi Sepak Bola ASEAN)

    Piala AFF 2022

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia
    Timnas Indonesia kerap dibuat sulit kala berjumpa Thailand. Maklum, sepak bola Thailand selalu satu langkah lebih maju dibanding Indonesia

    Indonesia vs Thailand