Sukses

Piala AFF 2022: Asnawi Mangkualam Janjikan Penampilan Terbaik Melawan Thailand

Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berjanji, ia dan rekan-rekannya bakal menunjukkan penampilan terbaik saat menghadapi Thailand dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di SUGBK, Kamis (29/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Thailand bakal saling sikut dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (29/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Duel antara kedua tim diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, Skuad Garuda dan Gajah Perang dikenal sebagai musuh bebuyutan di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Posisi mereka pun saat ini saling berimpitan dalam klasemen sementara Grup A.

Jelang melakoni pertandingan tersebut, pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berjanji bakal memberi penampilan terbaik bagi masyarakat Tanah Air. Apalagi laga Indonesia vs Thailand dihelat di kandang sendiri dan dihadiri oleh ribuan suporter.

“Tentu di pertandingan besok, kami (Timnas Indonesia) akan bermain maksimal. Kita tahu (bahwa Skuad Garuda akan) bermain di home dengan dihadiri oleh banyak suporter,” ujarnya dalam konferensi pers pra pertandingan di SUGBK, Rabu (28/12/2022).

“Kami berjanji seluruh pemain dan tim yang ada dalam Timnas Indonesia akan memberikan penampilan terbaik, serta tentunya tidak akan mengecewakan masyarakat Indonesia,” sambung pesepak bola yang membela Ansan Greeners itu.

Tak dapat dimungkiri, laga Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2022 memang menjadi duel klasik yang banyak dinanti. Tiket untuk menonton langsung pertandingan tersebut pun laris manis di kalangan penggemar.

Menyadari hal ini, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan enggan tampil ecek-ecek di hadapan para pendukung. Skuad Garuda berambisi memetik hasil positif saat berhadapan dengan Tim Gajah Perang.

“Memang pertandingan melawan Thailand ini sangat dinanti oleh masyarakat Indonesia. Kami (Timnas Indonesia) akan siap memberikan hasil yang maksimal di pertandingan besok,” sambung pemain berusia 23 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Optimistis

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga optimistis dirinya mampu mengantar anak-anak asuhnya tampil moncer di laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 kontra Thailand.

Juru taktik asal Korea Selatan agaknya enggan terbebani rekor pertemuan dan reputasi Gajah Perang sebagai juara bertahan. Malahan, ia menegaskan masyarakat Indonesia boleh menaruh harapan pada Merah Putih dalam ajang sepak bola Asia tenggara.

“Setelah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, memang saya tidak pernah menang lawan Thailand. Tetapi sebelumnya, (saya) tidak dapat mengontrol timnas dengan baik karena ada faktor lain. Situasinya kurang mendukung,” ujar Shin Tae-yong.

“Akan tetapi sekarang, sudah hampir satu tahun (situasinya berjalan) lebih normal. Saya bisa mengontrol dan memegang tim dengan baik. Sekarang (para pemain) juga sudah baik dalam hal kekompakan. Jadi saya bisa tegaskan, masyarakat boleh percaya pada Timnas Indonesia saat ini,” sambungnya pada Rabu (28/12/2022).

3 dari 3 halaman

Siapkan Strategi

Sebelumnya, Shin Tae-yong mengaku sudah memiliki strategi untuk menghadapi Thailand dalam pertandingan fase grup Piala AFF 2022. Berbekal rekaman pertandingan kontra Filipina, juru taktik Korea Selatan itu siap meramu instruksi untuk anak-anak asuhnya.

“Saya sudah melihat rekaman pertandingan Thailand melawan Filipina. Jadi perlu dianalisis lagi dan nanti akan kami jelaskan ke pemain bagaimananya,” kata Shin Tae-yong di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (27/12/2022).

Sekadar informasi, Timnas Indonesia saat ini menempel Thailand dalam klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022. Skuad Gajah Perang menghuni peringkat teratas, sedangkan Pasukan Merah Putih menyusul di urutan kedua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.